Mengenal Apa Itu Aplikasi Luno Indonesia

Aplikasi Luno Indonesia adalah salah satu exchange marketplace untuk melakukan jual beli bitcoin dan mata uang crypto. Untuk mencoba trading di exchange Luno, Anda harus mengetahui soal aman tidaknya transaksi, berapa fee biaya di Luno, serta apa sudah berizin resmi dari regulator Indonesia.

Apalagi bitcoin biasanya akan mengalami perkembangan yang sangat menarik. Mata uang digital Bitcoin mampu bertahan dan malah terus berkembang.  Simak yuk, informasinya terkait Luno Indonesia dari kompirasi.

Mengenal Aplikasi Luno Indonesia

Apa itu aplikasi luno? Luno termasuk salah satu exchange jual, beli, simpan serta transfer aset kripto asal Inggris yang masuk ke Indonesia sejak 2014. Sementara itu, tersedia versi aplikasi mobile yang dapat diinstal di PlayStore.

Luno merupakan bagian dari PT Luno Indonesia Ltd yang resmi terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Sebagai Calon Pedagang Fisik Aset Kripto. Dan luno merupakan salah satu bursa crypto indonesia saat ini.

Trading Bitcoin ini merupakan salah satu hal yang baru. Luno saat ini sudah menyediakan platform trading menggunakan aplikasi dan website untuk transaksi Bitcoin.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan

Ada beberapa hal penting yang harus dicermati cara kerja luno dalam proses jual beli di Luno, Cara trading di luno pun sama seperti trading pada umumnya, Anda bisa melakukan transaksi jual beli Bitcoin atau Crypto lainnya.

1. Persyaratan dan Minimum Deposit

Level pertama, konfirmasi nomor handphone dan data pribadi umum Anda. Level kedua, kirimkan foto/scan dari kartu identitas resmi Anda dan foto selfie (yang diambil kurang dari 24 jam sebelum pengirimpan)

Level ketiga, masukkanlah alamat tinggal dan pilih status pekerjaan, jenis pekerjaan serta sumber dana Anda.  Biasanya, Luno menerima deposit melalui cara transfer rekening bank atau Virtual Account (VA) BNI.  

Baca Juga: Nanovest, Viral!! Investasi Kripto dan Saham Aset Digital Generasi Baru

2. Keamanan dan Aset Kripto

Luno biasanya akan menerapkan 2FA (Two Factor Authentication) yang termasuk fitur keamanan online, dimana user melakukan verifikasi identitas sekitar 2 kali.   Luno telah menyediakan 5 koin/token aset kripto yang dapat diperdagangkan. Fitur Luno untuk trading, yaitu:

  • Analisa chart yang digunakan untuk menganalisa harga secara teknikal, terdiri atas order book, history transaksi (order dan trade).
  • Stop Loss, memiliki fitur cut-loss yang penting untuk mengelola resiko dari fluktuasi harga yang tajam.
  • Luno tidak tersedia fitur short-selling, sehingga trader tidak dapat melakukan short-sell ketika pasar sedang turun. 
✔️  10 Rekomendasi Merk tinta printer terbaik di Indonesia

3. Biaya Fee Layanan Transaksi

Penjualan/Pembelian aset digital dengan Rupiah sebesar 0.2% (tergantung jumlah transaksi). Penarikan sebesar Rp 6,500 flat dan biaya deposit Rp. 4.000 flat. 

Review Aplikasi Luno

Luno Indonesia telah terdaftar resmi di Bappebti sebagai salah satu dari 13 perusahaan yang berizin melakukan perdagangan aset kripto. Bahkan, 13 perusahaan ilegal ini melakukan perdagangan aset kripto, seperti Ripple, Bitcoin, Ethereum.

Walaupun begitu, Anda harus bisa membaca soal regulasi kripto di Indonesia. Hal ini karena sesuai dengan Peraturan Bappebti, perusahaan akan memperoleh tanda terdaftar yang diberikan waktu maksimum 1 tahun.

Sementara itu, harus melengkapinya dengan sejumlah persyaratan, termasuk paling berat soal modal (naik dari Rp 100 M ke Rp 1 Triliun). Transaksi yang ada di perusahaan sudah terdaftar resmi di Bappebti karena:

  • Perusahaan memiliki modal besar, yang penting dalam bisnis investasi teknologi keamanan semacam ini. Modal minimum yang berasal dari Bappebti sebesar Rp. 100 M dan meningkat menjadi Rp. 1 Triliun setahun kemudian.
  • Sistem teknologi informasi ini telah didaftarkan ke Kominfo. Bahkan, datanya secara resmi di Indonesia, tidak di luar negeri.
  • Situs maupun aplikasi ini tidak akan diblokir oleh Kominfo dan Bappebti. Belajar dari broker forex, dimana broker ilegal akan diblokir dan tidak dapat diakses karena tidak memiliki izin operasional di Indonesia. 

Jika dilihat dari sisi penggunaan aplikasi, Luno Indonesia cukup nyaman. Aplikasi bahkan memiliki UX/UI yang intuitif, sehingga saat masuk sudah langsung tahu harus kemana dalam aplikasi tersebut.

Baca Juga: 5 Cara Bermain Airdrop Untuk Pemula

Dengan adanya wallet luno juga nantinya akan memudahkan kita dalam memperoleh bunga dari kripto yang kita simpan tanpa perlu repot.

✔️  10 Aplikasi Alternatif Canva Gratis Untuk Desainer

Tombol-tombol dari aplikasi ini cukup simpel, tidak rumit dan tidak membingungkan. Jadi cukup mudah untuk pemula memahaminya.

Jika exchange-nya dibobol hacker, mana mungkin terjadi, uang digital dapat hilang dan tidak dapat diklaim, kecuali ke exchange tersebut. Itu saja informasi menarik terkait Luno Indonesia.

Leave a Comment