Aplikasi Keluarga Sehat Android, Cara Mengakses dan Fitur Menariknya

Tahukah Anda jika pemerintah telah mengeluarkan aplikasi keluarga sehat Android yang tentu bisa memberikan manfaat untuk semua orang yang menggunakannya. Pada dasarnya aplikasi ini menjadi penunjang program pemerintah Indonesia sehat yang menggunaka pendekatan keluarga atau PIS-PIK yang memang digunakan oleh kementrian kesehatan. 

Namun sebenarnya aplikasi ini sudah dibuat dan dipublikasikan pada tahun 2013 silam yang diluncurkan luncurkan oleh Pusat Data dan Informasi Kemenkes. Aplikasi ini memiliki tujuan untuk bisa bisa membantu dan juga mempermudah semua proses pelayanan dan juga pendataan setiap pasien yang biasanya dilakukan oleh setiap fasilitas kesehatan daerah.

Baca juga: download bigo live

Pada awal peluncurannya, aplikasi keluarga sehat Android ini belum diberi nama aplikasi keluarga sehat melainkan Proskerga. Hingga pada akhirnya sekitar tahun 2016 resmi menggunakan nama aplikasi keluarga sehat sampai saat ini. Salah satu fungsi dibuatnya aplikasi ini adalah sebagai cara untuk bisa memberikan kemudahan dalam proses pendataan PIS-PIK.

Lalu bagaimana cara untuk bisa mengaksesnya? Tentu saja terdapat dua cara yang bisa dilakukan oleh Anda ketika hendak mengaksesnya. Informasinya perihal platform untuk mengakses bisa disimak berikut ini. 

Pilihan Platform Untuk Mengakses Aplikasi Keluarga Sehat Android

Aplikasi keluarga sehat android

Aplikasi yang ada di Android

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk dapat mengakses aplikasi keluarga sehat Android ini adalah melalui playstore yang menjadi tempat yang menyediakan begitu banyak pilihan aplikasi untuk diunduh. Pun dengan aplikasi ini yang juga tersedia di Playstore dan bisa Anda unduh dengan mudah.

Untuk cara mengunduh aplikasinya bisa Anda lakukan sama seperti melakukan pengunduhan pada aplikasi yang lainnya. Anda hanya perlu mencari dan mengunduhnya secara langsung di playstore. Kemudian dalam aplikasi versi Androidnya, ini kiranya tersedia dua pilihan modul yang bisa Anda simak berikut ini.

  • Modul Kuesioner
✔️  2 Cara Mengembalikan Akun Shopee Yang Di Hack

Dalam versi aplikasinya, terdapat modul kuesioner yang bahkan bisa diakses secara offline. Dengan demikian, bisa lebih memudahkan semua orang yang menggunakan aplikasi keluarga sehat Android ini. Dengan adanya kelebihan ini, bagi yang ingin memasukkan data survey yang dimiliki, maka tidak akan mengalami kesulitan atau hambatan perihal akses jaringan yang tidak stabil lagi.

  • Modul Dashboard

Modul yang kedua dan tersedia dalam aplikasi ini adalah dashboard yang akan menampilkan setiap informasi perihal data total keluarga yang telah masuk dalam pendataan tentu saja yang dikategorkan berdasarkan wilayah. Dalam modul ini, disediakan sekitar 12 indikator keluarga sehat serta status pendataannya.

Versi Website

Aplikasi kesehatan keluarga

Selain tersedia aplikasi keluarga sehat Android, aplikasi satu ini juga tersedia atau bisa diakses dengan mudah melalui website. Tidak kalah mudah dan sederhana untuk digunakan, versi website juga hadir untuk bisa memberikan kemudahan kepada yang melakukan pendataan. Dalam platform website ini, terdapat perbedaan modul dengan versi Android, yang rinciannya ada dalam informasi berikut ini.

  • Modul Kuesioner

Memiliki kesamaan dengan yang sebelumnya, pada platform Android, Anda juga akna disediakan modul kuesioner. Didalam modul satu ini, sejumlah pertanyaan tentu akan disiapkan dan harus bisa diisi dan disesuaikan dengan data kesehatan. Dengan adanya modul ini, proses survey yang pada awalnya dilakukan secara manual bisa tergantikna.

  • Modul Dashboard

Masih sama dengan modul yang tersedia dalam aplikasi keluarga sehat Android, dalam versi webistenya juga disediakan modul dashboard yang bisa memuat sejumlah data yang dibutuhkan oleh pengguna. 

  • Modul Administrator

Modul inilah yang membuat kedua versi aplikasi ini berbeda, hanya dalam versi website saja tersedia modul administrator, tidak untuk versi aplikasi yang ada dalam playstore. Khusus dalam modul ini mengatur menu pada akun, informasi kesehatan dan fasilitas kesehatan bisa Anda dapatkan dengan mudah.

✔️  2 Cara Menggunakan Google Slide Offline

Setelah mengetahui apa saja platform yang tersedia serta modul yang ada baik dalam aplikasi keluarga sehat Android maupun juga website, kini Anda juga akan mendapatkan informasi perihal sejumlah fitur yang dimilikinya.

Fitur Dalam Aplikasi Keluarga Sehat Android Maupun Website

Fitur aplikasi keluarga sehat

Tahun Aktif

Fitur pertama yang tersedia dan bisa digunakan bernama fitur tahun aktif. Dalam bagian fitur yang satu ini bisa disebut juga sebagai fitur manajemen tahun pelaporan data terkait survey yang bisa digunakan oleh seluruh penggunanya.

Wilayah Kerja

Tidak hanya itu, dalam aplikasi keluarga sehat Android dan website juga disediakan fitur wilayah kerja. Sederhananya fitur yang satu ini bisa memiliki tugas untuk membantu memetakan setiap desa atau kelurahan yang berada dalam jangkauan wilayah kerja puskesmas.

Transfer Wilayah Kerja

Fitur transfer wilayah kerja menjadi bagian dari fitur yang selanjutnya. Lalu apa fungsi dari fitur transfer wilayah kerja ini? Sederhananya untuk bisa membantu memindahkan setiap data dari keluarga yang berada di wilatah keluarahan. Data tersebur nantinya akan dipindahkan dari kelurahan puskesmas awal ke puskesmas yang menjadi tujuan.

Rukun Warga

Dalam aplikasi keluarga sehat Android maupun juga websitenya, fitur yang satu ini juga disediakan untuk bisa menginput setiap RW dan RT yang disesuaikan dengan wilayah kerja setiap kelurahan yang ada.

Sasaran Wilayah

Sasaran wilayah juga menjadi bagian dari fitur yang tersedia dalam aplikasi keluarga sehat. Memiliki fungsi untuk bisa menentukan jumlah dari target atau sasaran pada setiap pendataan dari suatu wilayah kerja.  Fitur ini juga disediakan dan mudah diakses dengan mudah oleh setiap penggunanya. 

Target Surveyor

Target surveyor memiliki fungsi untuk bisa menentukan target kinerja dari setiap surveyor yang ada dalam aplikasi keluarga sehat Android maupun mengaksesnya melalui website. Fitur ini juga bisa membantu setiap surveyor dalam melakukan tugasnya yakni survey data secara langsung. 

✔️  3 Cara Mengganti Wallpaper Laptop Di Windows 11

Monitoring Wilayah

Lebih lanjut, juga masih tersedia fitur satu ini yang dirancang untuk bisa melakukan pemantauan kinerja terkait capaian dari setiap puskesmas maupun juga surveyor itu sendiri. Maka dengan adanya fitur yang satu ini, monitoring wilayah dan pemantauan bisa dilakukan dengan lebih mudah lagi tentunya.

IKS Puskesmas

Dalam aplikasi keluarga sehat Android maupun Android juga dihadirkan fitur yang satu ini. Membatu melihat IKS yang dilakukan berdasarkan wilayah kerja dari puskesmas itu sendiri.

Crosstab

Fitur terakhir yang juga tersedia dalam aplikasi ini adalah crosstab. Crosstab ini didesain khusus untuk bisa melakukan analisis data dengan cara memanfaatkan setiap data baru yang ada.

Untuk bisa menggunakan aplikasi keluarga sehat Android atau mengaksesnya melalui website, melakukan pendaftaran menjadi langkah paling tepat yang harus dilakukan. Tentu saja perihal pendaftarannya Anda bisa membuat akun terlebih dahulu.

Perihal prosedur pembuatan akun tersebut, Anda bisa lebih detail mengetahuinya pada website resmi aplikasi sehat tersebut. Karena akan menyangkut sejumlah syarat dan ketentuan lain yang ada didalamnya.

Itulah dia beberapa poin terkait aplikasi keluarga sehat Android di atas tadi bisa dijadikan pegangan atau juga pengetahuan sebelum Anda semua menggunakannya atau menjadi penggunanya, semoga bermanfaat.

Leave a Comment