✓ 8 Aplikasi Bisnis Terbaik 2022, Wajib Dicoba untuk Usaha Kecil!

kompirasi.com –  Aplikasi bisnis adalah aplikasi yang membantu sobat dalam menjalankan bisnis agar semakin mudah ke depannya. Aplikasi bisnis terbaik setidaknya harus menyediakan cara sederhana untuk mengelola berbagai aspek bisnis, baik bekerja dari rumah, kantor, atau ketika dalam perjalanan.

Pemilik usaha kecil tahu perlunya tetap gesit dan efisien. Perangkat seluler hampir pasti memainkan peran sehari-hari, tetapi memilih aplikasi terbaik untuk menjalankan sebuah bisnis bisa jadi rumit. Tetapi sobat tidak perlu khawatir, karena kami akan memberikan daftar aplikasi bisnis online terbaik yang bisa sobat coba.

Rekomendasi Aplikasi Bisnis Terbaik 2022

Jika sobat hanya ingin memiliki satu jenis aplikasi yang membantu bisnis sobat berjalan dengan lancar, hal itu kurang memungkinkan. Pasalnya banyak kegunaan yang diperlukan, dan fungsi yang beragam. Mulai dari mentransfer dokumen antar aplikasi yang berbeda untuk membacanya di perangkat yang berbeda.

Selain itu, waktu akan sangat mahal, jadi sobat memerlukan berbagai aplikasi yang bagus untuk menutupi kemungkinan yang paling penting. Dalam panduan ini, kami telah berfokus pada aplikasi yang paling berguna untuk bisnis atau usaha kecil dan menengah.

Semua ini menawarkan fungsionalitas penting sekaligus memberikan nilai uang. Inilah yang menurut kami adalah aplikasi bisnis terbaik yang tersedia saat ini. Kami juga telah menyoroti layanan hosting web terbaik untuk bisnis kecil jika sobat punya rencana membangun web untuk bisnis yang sedang sobat jalankan.

1. Microsoft 365

Contoh aplikasi bisnis perkantoran terbaik

Contoh aplikasi bisnis perkantoran terbaik. Meskipun ada banyak platform software perkantoran yang berbeda di luar sana, meskipun persaingan ketat untuk harga dan fitur, Microsoft Office 365, yang baru-baru ini berganti nama menjadi Microsoft 365, tetap menjadi rangkaian terbaik dan harus dibeli untuk usaha kecil.

Aplikasi ini telah terpilih sebagai software bisnis kecil terbaik. Sobat dapat mengingat hari-hari ketika Microsoft Office dibeli sebagai paket software dan diinstal di PC. Tetapi sekarang ada versi aplikasi untuk Android dan iOS, sehingga sobat dapat menggunakan Microsoft 365 di perangkat Android dan Apple.

Microsoft 365 menyertakan tiga aplikasi software perkantoran besar yang diperlukan: Word, Excel, dan Powerpoint. OneDrive tersedia dan layak digunakan untuk pencadangan online sebagai bagian darinya. Meskipun sebelumnya sobat sudah menggunakan penyedia cloud lain seperti Google Drive atau Drop Box.

Lalu ada aplikasi software lain yang disertakan dengan Microsoft 365, seperti Outlook (versi online), serta Publisher dan Access khusus PC. Microsoft Teams juga dibundel, tetapi sobat dapat mengunduh dan menggunakannya sebagai produk terpisah.

Seperti disebutkan sebelumnya, ada alternatif untuk Microsoft Office, tetapi fakta sederhananya adalah mereka tidak terlalu bagus.

Mereka cenderung memiliki fungsionalitas terbatas dan mungkin mengalami masalah dalam mengonversi file Office utama ke format alternatif yang tidak memerlukan tekanan sama sekali.

Edisi yang berbeda tersedia tergantung pada apakah sobat perlu membeli lisensi hanya untuk diri sendiri atau paket untuk karyawan. Untuk pengguna korporat, ada layanan korporat tambahan dan opsi manajemen.

Kelebihan

  • + Penggunaan universal
  • + Berbagai fungsi
  • + Pencadangan online

2. RingCentral MVP

Contoh aplikasi bisnis online terbaik

Contoh aplikasi bisnis online berikutnya adalah RingCentral MVP. Aplikasi adalah pilihan yang tepat dalam hal sistem telepon bisnis terbaik. Tidak hanya ada banyak fitur, tetapi harganya juga terjangkau.

Dibangun di sekitar layanan bisnis, sistem telepon berbasis cloud bekerja dengan mulus di perangkat apa pun dengan browser, termasuk PC Windows, Apple iPad, dan smartphone Android.

Paket dasar mencakup manajemen panggilan dan manajemen sistem telepon, serta opsi sewa telepon konferensi dan meja. Namun, pada tingkat harga yang lebih tinggi, RingCentral MVP menawarkan serangkaian fitur lengkap yang harus penting untuk layanan telepon modern apa pun.

✔️  7 Harga Printer Epson Terbaru dan Terbaik

RingCentral juga menawarkan Unified Communications as a Service (UCaaS) dan Contact Center as a Service (CCaaS), yang memungkinkan usaha kecil untuk menyediakan lingkungan perusahaan.

Selain itu, RingCentral dapat menawarkan Platform Komunikasi sebagai Layanan (CPaaS). Ini berarti sobatdapat mengakses jaringan pengembang dan menggunakan API untuk benar-benar menyesuaikan dan mengintegrasikan sistem telepon dengan software lain.

Secara keseluruhan, sementara paket berbiaya rendah dapat memberikan cukup untuk memuaskan bisnis kecil, mereka akan menjadi penawaran kelas menengah dan skala besar yang akan memanfaatkan sepenuhnya fitur luar biasa yang ditawarkan RingCentral MVP.

Kelebihan

  • + Banyak fitur
  • + Mudah diperluas
  • + Berbasis awan
  • + Aplikasi Seluler

3. FreshBooks

Aplikasi keuangan bisnis terbaik

FreshBooks adalah layanan akuntansi berbasis cloud populer yang dirancang khusus untuk pemilik usaha kecil. Aplikasi keuangan bisnis terbaik ini menempati peringkat tinggi dalam daftar software akuntansi terbaik kami untuk usaha kecil.

Paket ini mencakup banyak fitur seperti faktur, pelacakan pengeluaran, pelacakan waktu, berbagai laporan bisnis, dan opsi pembayaran kartu kredit, tetapi dengan antarmuka sederhana yang ditujukan untuk non-akuntan. Terlepas dari kesederhanaannya, ada kedalaman yang nyata di dalamnya.

Sobat dapat menagih dalam mata uang apa pun, menghemat waktu dengan menyiapkan faktur berulang, mengizinkan pelanggan membayar melalui kartu kredit dengan mencentang kotak, dan secara otomatis menagih ke kartu kredit untuk memudahkan kehidupan semua orang.

Jika membutuhkan lebih banyak daya, sistem terintegrasi dengan banyak layanan lain termasuk PayPal, MailChimp, Basecamp, WordPress, Gusto, Zendesk, dan banyak lagi.

Kerepotan manajemen telah diminimalkan. Sobat dapat mengakses dan menggunakan sistem dari desktop atau aplikasi iOS dan Android gratis, dan ini adalah sistem berbasis cloud, jadi tidak perlu khawatir tentang pencadangan.

Jika ini terdengar menarik, sobat dapat mencoba FreshBooks selama 30 hari tanpa menggunakan kartu kredit. Paket dasar memberi kemampuan untuk menerima faktur, kutipan, pelacakan waktu, pengeluaran dan pembayaran kartu kredit online, serta menarik pengeluaran dari rekening bank, tetapi hanya untuk sejumlah pelanggan terbatas.

Paket berbayar menambah dan meningkatkan kemampuan untuk mengirim penawaran dan menghemat waktu dengan memberi opsi untuk mengirim tagihan berulang dan pemberitahuan pembayaran otomatis.

Kelebihan

  • + Antarmuka yang ramah pengguna
  • + Kedalaman dan fitur yang kaya
  • + Integrasi dengan banyak layanan populer

4. Avast Business Antivirus

Avast Business Antivirus adalah rangkaian software keamanan titik akhir bisnis yang sangat baik yang menyediakan berbagai alat seperti antivirus, firewall, perlindungan email, anti-spam, dan kemampuan sandbox aplikasi untuk keamanan lengkap.

Versi Pro-nya berlawanan dengan versi standar, yaitu mencakup perlindungan Sharepoint dan Exchange, serta berbagai alat untuk server, dan diberi peringkat sebagai antivirus bisnis terbaik.

Dalam laporan Perlindungan Dunia Nyata AV-Comparative, mesin Avast umumnya dinilai baik dalam perlindungan AV dalam pengujian independen, memblokir 99,7% ancaman. Hal ini yang secara tidak langsung membuatnya menjadi aplikasi bisnis online terpercaya yang melindungi data-data dari pengguna.

Versi gratis dari paket keamanan ini telah lama dianggap sebagai salah satu yang terbaik. Tetapi jika nilai uang dan kesederhanaan adalah faktor utama, maka Avast Business Antivirus mungkin merupakan pilihan yang cerdas.

Kelebihan

  • + Mudah digunakan
  • + Anti Ransomware
  • + Mencegah kerusakan file

5. PayPal

aplikasi bisnis online shop terbaik

Untuk sobat yang merintis bisnis dan memiliki pelanggan luar negeri, tidak ada salahnya mencoba aplikasi bisnis online shop terbaik berikutnya yaitu PayPal. Aplikasi ini termasuk ke dalam aplikasi pembayaran online terbaik yang ada saat ini.

✔️  10 Rekomendasi Merk tinta printer terbaik di Indonesia

PayPal telah menjadi portal pembayaran di mana-mana untuk banyak bisnis online karena alasan sederhana. Yaitu mudah digunakan dan dipilih sebagai layanan pemrosesan kartu kredit terbaik. PayPal telah membuat integrasi dari platform e-niaga utama ke gateway pembayaran menjadi sederhana.

Seringkali dibutuhkan beberapa klik dan alamat email. Bagian paling rumit dalam menyiapkan pemrosesan PayPal adalah menyalin dan menempelkan kunci API yang disediakan untuk membantu memulai. .

Sebagai produk bisnis kecil, Standar Pembayaran Web tidak memiliki biaya bulanan dan biaya transaksi bervariasi berdasarkan volume penjualan.

Meskipun banyak keranjang belanja dibuat untuk menerima PayPal sejak awal, mereka juga dapat digunakan sebagai layanan mandiri untuk pembayaran individu pelanggan hanya dengan menempelkan kode tombol checkout ke dalam email. Secara default, pembayaran berlangganan juga dimungkinkan.

PayPal juga menawarkan fitur tambahan untuk pertumbuhan, seperti pembayaran di dalam toko melalui pembaca kartu. Tanpa biaya tersembunyi atau biaya bulanan, PayPal adalah salah satu opsi yang paling mudah diakses untuk pemula dan bisnis kecil.

Kelebihan

  • + Mudah digunakan
  • + Tidak ada biaya bulanan
  • + Pembayaran di toko

6. Hubspot Marketing Hub

Selanjutnya ada aplikasi bisnis tanpa modal yaitu Hubspot. Hubspot sendiri adalah aplikasi penjualan & pemasaran terbaik. Hubspot adalah platform yang menyediakan berbagai alat untuk manajemen konten, penjualan dan pemasaran, serta periklanan media sosial.

Aplikasi ini menawarkan toolkit ekstensif untuk membantu meningkatkan konversi lebih dari sekadar menyiapkan situs web dan mengedit konten. Aplikasi ini juga telah dipilih sebagai pilihan terbaik untuk alat pemasaran konten terbaik dan fitur software CRM terbaik.

Kami melakukan ini dengan menggunakan sofgtware analitik Hubspot untuk memberi sobat opsi untuk pengujian terpisah, menghosting konten, dan berkomunikasi dalam tim penjualan dan dengan pelanggan, bersama dengan sasaran dan audiens yang dapat sobat lacak.

Selain itu, beberapa integrasi tambahan tersedia, seperti Salesforce, Google Workspace, dan Microsoft 365. Secara keseluruhan, Hubspot mungkin bukan yang terbaik dalam fitur individual yang ditawarkannya.

Namun rangkaian lengkap yang ditawarkannya menjadikan Hubspot sebagai pemimpin pasar yang jelas dan menawarkan beberapa fitur terbaik. Lebih baik lagi, ada tier gratis tempat sobat dapat mencoba Hubspot.

Kelebihan

  • + Fokus Penjualan dan Pemasaran
  • + Banyak fitur
  • + Dapat diintegrasikan

7. Asana

Asana adalah solusi manajemen proyek yang mungkin pernah sobat dengar, bahkan jika belum pernah menggunakan layanan ini sebelumnya. Ini menawarkan sejumlah fitur praktis yang meningkatkan produktivitas, tetapi lebih fokus pada pelacakan dan telah terpilih sebagai software manajemen proyek terbaik.

Aplikasi online shop ini memungkinkan sobat membuat daftar tugas dan pengingat sehingga selalu tepat waktu, serta menambahkan tanggal jatuh tempo, kolega, instruksi kerja, dan mengomentari item.

Sobat juga dapat berbagi gambar dari aplikasi lain (misalnya Google Drive) langsung ke Asana. Dan yang lebih penting, sobat benar-benar dapat melacak semua yang sobat dan rekan kerja sobat kerjakan untuk memastikan proyek berjalan lancar dan sesuai jadwal.

Jika ingin tahu tentang siapa yang mengerjakan proyek tertentu, sobat dapat memunculkan daftar tim dan individu, dan bahkan ada fungsi pencarian yang memudahkan untuk menemukan tugas yang sudah selesai.

Asana menawarkan tingkat dasar gratis dengan fitur dan dasbor terbatas. Saat naik ke tingkat Premium, sobat mendapatkan penggunaan tanpa batas tanpa batasan anggota tim, dan bahkan lebih banyak fitur, termasuk fitur garis waktu baru dan bidang khusus.

✔️  Cara Mudah Download Video Tiktok Tanpa Watermark

Kelebihan

  • + Fungsi pelacakan yang nyaman
  • + Berbasis awan
  • + Komunikasi inti

8. IDrive

IDrive menyediakan sinkronisasi file yang berkelanjutan, termasuk file di drive jaringan, dan menempati peringkat tinggi di antara solusi penyimpanan cloud terbaik. Antarmuka web mendukung berbagi file melalui email, Facebook dan Twitter.

Pengguna yang berhati-hati atau menyukai klik akan senang mendengar bahwa file yang dihapus dari komputer mereka tidak otomatis terhapus dari server, sehingga mengurangi risiko terhapusnya sesuatu yang penting secara tidak sengaja. Hingga 30 versi lama dari semua file yang dicadangkan di akun disimpan.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah admin TI dapat mengakses aplikasi IDrive Thin Client, di mana mereka dapat mencadangkan/memulihkan, mengelola pengaturan, dan lainnya untuk semua komputer yang terhubung melalui dasbor pusat.

Untuk foto, ada fitur pengenalan wajah rapi yang membantu mengatur foto secara otomatis dan menyinkronkannya di semua perangkat yang terhubung.

IDrive juga menawarkan IDrive Express, yang memungkinkan dengan cepat memulihkan semua file yang dicadangkan dengan mengirimkan hard disk drive fisik jika semua data hilang. Ini berlaku untuk fungsi pencadangan citra disk yang baru diperkenalkan.

Versi bisnis ada dan menawarkan dukungan prioritas, sistem masuk tunggal, pengguna tidak terbatas, dan cadangan server. Juga tersedia IDrive Cloud, penyimpanan objek cloud tingkat perusahaan.

Kelebihan

  • + Cepat
  • + Mudah digunakan
  • + Keamanan luar biasa
  • + Layanan IDrive Express yang nyaman jika terjadi bencana

Kekurangan

  • – Tidak ada otentikasi dua faktor

Cara Menguji Aplikasi Bisnis Terbaik

Untuk menguji aplikasi bisnis terbaik, pertama-tama siapkan akun di platform software yang relevan, baik sebagai unduhan atau sebagai layanan online. Kemudian uji layanan untuk melihat bagaimana software dapat digunakan untuk berbagai tujuan dan situasi.

Tujuannya adalah untuk mendorong setiap platform software untuk melihat seberapa berguna alat-alat dasar dan betapa mudahnya menggunakan alat-alat canggih.

Cara Memilih Aplikasi Bisnis Terbaik

Saat memutuskan aplikasi yang akan diunduh dan digunakan, pertimbangkan terlebih dahulu kebutuhan sobat yang sebenarnya. Terkadang platform gratis hanya dapat menawarkan opsi dasar, jadi jika perlu menggunakan alat yang lebih canggih, sobat mungkin menemukan platform berbayar jauh lebih berharga.

Selain itu, meskipun pilihan aplikasi gratis dan murah mungkin terbatas dalam hal berbagai alat yang tersedia, software canggih benar-benar dapat memenuhi semua kebutuhan. Jadi sobat harus terbiasa dengan fitur yang menurut sobat akan diperlukan.

Kesimpulan

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama, aplikasi online adalah aplikasi yang sangat membantu di era zaman teknologi seperti sekarang. Termasuk dalam dunia bisnis, sobat sekalian tentunya perlu mengetahui perkembangan yang terjadi saat ini.

Oleh karena itu, sangat disarankan sobat juga menggunakan aplikasi berita bisnis terbaik, agar tidak ketinggalan informasi terkini. Terus ikuti update dari kompirasi, karena selanjutnya kami juga akan membahas tentang aplikasi stok barang dan aplikasi penghasil uang bagi sobat yang membutuhkan.

Leave a Comment