Apa Itu Email Hosting Terbaik? Ini Ulasannya

Memilih email hosting terbaik tentu sangat penting bagi bisnis dan keperluan lainnya. Email hosting sangat bermanfaat untuk memaksimalkan layanan email menjadi next level bisa dibilang naik tingkatan.

Pemakaiannya memang dikhususkan untuk kebutuhan yang lebih profesional. Ada banyak hal menarik yang akan dibahas tentang email hosting. Lebih lengkapnya, Anda bisa menyimak ulasannya secara menarik berikut ini.

Sekilas Tentang Layanan Email Hosting Terbaik

Jika web hosting merupakan layanan khusus domain sebuah website, berbeda dengan email hosting. Email hosting merupakan sebuah layanan email yang memberikan domain khusus. Layanan ini memang khusus untuk kebutuhan email, mulai mengirim hingga menerima.

Layanan email hosting dipakai perusahaan sebagai alamat email seluruh karyawan seragam. Seragam yang dimaksud adalah domainnya sama, tidak lagi memakai domain email gratisan. Tujuan dari keseragaman ini salah satunya agar pengaturan database karyawan lebih ringkas.

Email dengan layanan ini tampak lebih profesional, meyakinkan, serta sarat muatan branding. Misalnya sebuah perusahaan sedang membuat iklan lowongan pekerjaan. Tentu lebih meyakinkan jika email yang dipakai memiliki domain khusus.

Misalnya, akan lebih meyakinkan email dengan alamat [email protected] dibandingkan [email protected]. Adanya ekstensi @powersupply pada contoh alamat email tersebut menandakan lowongan pekerjaan memang datang dari PT Power Supply.

Memang, layanan email hosting mengharuskan penggunanya membayar biaya langganan. Akan tetapi, peranannya yang optimal membuat biaya tersebut terkesan worth it. Oleh karena itu pastikan layanan email hosting terbaik yang Anda pilih.

Mengapa Harus Memakai Email Hosting? Ini Ulasannya

Sebenarnya layanan email gratisan seperti Gmail, Hotmail, dan sejenisnya sudah cukup mumpuni. Akan tetapi, untuk beberapa alasan ada yang rela membayar lebih untuk bisa mendapatkan domain email sendiri.

Hal ini tidak lepas dari banyak hal menarik yang bisa diperoleh saat memakai email hosting. Ini dia ulasan lebih lanjut tentang keunggulan email hosting sehingga banyak dipakai yang sudah kami rangkum.

  1. Privasi Lebih Unggul

Email hosting terbaik hadir dengan privasi serta keamanan data yang lebih mutakhir. Kedua hal tersebut dapat Anda kelola sendiri, dan tentunya tidak ada di email gratisan. Tentu untuk kebutuhan sekelas perusahaan besar, layanan satu ini sangatlah penting.

✔️  Kelebihan Email Hosting Untuk Menunjang Bisnis

Selain itu, iklan-iklan yang mengganggu juga tidak akan muncul di laman email hosting milik Anda. Tidak ada juga pengumpulan data personal sehingga secara security tentu lebih meyakinkan.

Mengirim surat elektronik dalam jumlah banyak dan bersamaan tentu sulit jika dilakukan di email gratis. Jika memakai layanan hosting email, hal tersebut mudah saja karena servernya privadi. Fitur autoresponders juga membuat layanan hosting ini kian unggul.

  1. Branding yang Menarik

Layanan email hosting terbaik sangat cocok untuk kalangan-kalangan yang bergerak di bidang profesional. Misalnya sebuah perusahaan yang sedang membangun branding usahanya. Layaknya web hosting, email hosting akan menampilkan domain yang berbeda.

Email tempat usaha Anda tidak lagi berekstensi “@gmail.com”, atau layanan email gratisan lainnya. Akan tetapi bisa dikustomisasikan sesuai dengan keinginan atau nama usaha. Contoh nya perusahaan bernama Sejahtera Sentosa.

Tentu akan lebih meyakinkan jika alamat emailnya memiliki domain nama usaha tersebut. Misalnya “[email protected]”. Selain untuk urusan branding, secara trust juga meningkat.

Contohnya jika sedang memasang iklan lowongan kerja, promo, dan pengumuman lain terkait perusahaan. Tentu masyarakat lebih menaruh kepercayaan jika ekstensi emaiilnya bukanlah yang gratisan.

  1. Kustomisasi Lebih Leluasa

Hal yang tidak Anda jumpai di layanan email gratisan adalah kebebasan kustomisasi. Jika memakai layanan email hosting terbaik, pengguna bisa bebas kustomisasi. Misalnya memasang spam filter dan antivirus.

Anda bisa melakukan hal demikian, karena memiliki kendali penuh atas server email. Pemasangan dua perangkat tersebut tentu bertujuan untuk upgrade keamanan email. Selain itu, layanan email juga bisa didesain tanpa batas.

Anda dapat kustomisasi tampilan sesuai selera, tanpa batasan. Desain tampilan yang dipilih bisa disesuaikan, menurut keinginan dan kondisi secara bebas.

Email Hosting Terbaik dan Web Hosting, Bagaimana Perbedaannya?

✔️  Cara Mengetahui Ranking Website Di Alexa Rank Terbaru

Antara email hosting dan web hosting tentunya berbeda. Walau kedua istilah tersebut menyandang kata yang sama di belakangnya. Secara ringkas, agar lebih memahami definisi keduanya, ini ulasan perbedaannya.

  1. Layanan yang Disediakan

Sederhananya, web hosting berarti sebuah layanan penyimpan file milik suatu website. Setelah itu, file tersebut disimpan ke satu server atau lebih dari satu. Sedangkan email hosting memiliki mekanisme layanan berbeda.

Email hosting terbaik berarti layanan yang hanya mengacu pada aktivitas di seputaran surat elektronik. Misalnya menyimpan data email, tanpa merambah ke ranah website.

  1. Peforma Keamanan

Secara keamanan, ternyata memakai email hosting lebih disarankan. Tanpa adanya layanan membuat website, tentunya lebih aman dari virus. Akan tetapi, tidak memiliki kemampuan menyimpan data di web.

Sementara web hosting kebalikannya dari email hosting. Layanan tersebut rawan terhadap virus dari tempat lain. Selain itu jika ingin melakukan pengiriman email sifatnya terbatas hanya sebanyak 100 email.

  1. Dukungan Ad Domain

Memiliki email hosting terbaik memang memungkinkan Anda bisa mengirim surat elektronik tanpa batas. Walau demikian jika dilihat dari dukungan ad domain, layanan satu ini tidak menyediakan.

Email hosting juga tidak mendukung sub domain serta parked domain. Bisa disimpulkan bahwa akun email yang hanya menjadi domain utama. Berbeda dengan web hosting yang support domain baik itu ad, sub, hingga parked.

Pengguna web hosting bisa membuat akun email dari domain utama tanpa kesulitan. Bahkan dapat membuat alamat email dari sub domain. Walau demikian, batasan pengiriman email tetap diberlakukan.

Membuat Email Memakai Domain Sendiri via cPanel

Email hosting memang memberikan manfaat yang sangat beragam, terutama untuk bisnis. Ternyata tanpa perlu kesulitan Anda bisa membuat email memakai domain sendiri. Tentu saja syaratnya harus sudah memiliki hosting dan domain website.

Hosting tersebut berguna untuk mengakses cPanel, serta domainnya adalah nama yang nanti akan disematkan. Selain itu, siapkan juga alamat email gratis yakni Gmail dan bersiap ke langkah berikutnya.

  1. Akses cPanel
✔️  Hosting Indonesia Terbaik 2018 untuk WordPress

Setelah Anda memiliki email hosting, saatnya memakai cPanel untuk membuat domain sendiri. Pertama, pastikan masuk ke website cPanel, lalu ikuti langkah berikutnya yang bisa diikuti seperti di bawah ini.

  • Setelah masuk ke web cPanel, pilih opsi Email Account
  • Untuk membuat email, lanjutkan dengan klik Create
  • Isi alamat email di kolom username, jangan lupa password jangan tertinggal
  • Tunggu proses sampai tuntas, lanjut ke langkah konfigurasi
  1. Konfigurasi

Sebenarnya alamat email sudah jadi, akan tetapi prosesnya belum selesai sepenuhnya. Agar email bisa dibuka di berbagai gawai, konfigurasi perlu dilakukan. Konfigurasi dapat dilakukan dengan beberapa step:

  • Buka menu daftar akun, lalu pilih menu connect devices yang berguna sebagai pengecekan detail POP3 serta SMTP. Sebenarnya langkah ini tergolong variatif, tergantung layanan email hosting terbaik yang dipakai
  • Website cPanel menampilkan dua opsi yakni Secure SSL Setting dan Non SSL setting
  • Setelah berhasil, masuk ke akun gmail, klik pengaturan dan pilih lihat semua
  • Pilih opsi Account and Import serta klik juga Add a Mail Account, masukkan alamat email yang sudah Anda daftarkan tadi
  • Pilih opsi Import Emails, klik Next, masukkan alamat SSL Setting dan lengkapi isian kolom-kolom yang kosong, email dengan domain sendiri sudah jadi

Layanan email hosting memang memiliki fungsi sangat optimal dalam menunjang bisnis Anda. Oleh karena itu, upayakan memilih layanan email hosting terbaik agar kebutuhan branding usaha tercover optimal.

Leave a Comment