Review Acer Swift 5, Laptop dengan Baterai yang Mengesankan

kompirasi.com – Laptop Acer Swift 5 adalah laptop dengan baterai yang awet. Peningkatan CPU Intel generasi keduabelas di Swift 5 membawa ke tingkat baru yang pantas untuk mendapatkan penghargaan.

Periode penggunaan batere yang mengagumkan, desain ramping, keyboard taktil, dan score performa yang singkat ialah feature paling penting yang kami cari saat mengevaluasi laptop, dan Swift 5 penuhi serta melebihi keinginan kami.

Acer Swift 5 yang diperbaharui datang dengan CPU Intel Core i7 generasi keduabelas baru yang menaklukkan kompetitor. Ini mempunyai monitor 2.5K yang tajam, menarik dan cerah. Ini feature desain lembut dan sasis enteng.

Swift 5 adalah laptop terbaik di luaran sana, tapi ada banyak kekurangan yang ditanyakan yang bisa membuat menimbang kembali pembelian bila dibutuhkan.

Spesifikasi Acer Swift 5 2022

  • CPU: Intel Core i7-1260P
  • GPU: Intel Iris Xe
  • RAM: 16GB
  • Penyimpanan: 1TB SSD
  • Tampilan: 14″, 2560 x 1600
  • Baterai: 11:24
  • Dimensi: 12.2×8.4×0.59 inci
  • Berat: 2,65 pon

Kelebihan

  • + Desain menarik
  • + Performa yang mengungguli pesaing
  • + SSD ultra-cepat
  • + Transcoding video Zippy
  • + Kecepatan transfer file cepat

Kekurangan

  • – Bloatware yang mengganggu
  • – Speaker mungkin lebih besar

Konfigurasi dan Harga Acer Swift 5

Acer Swift 5 yang kami tes seharga berkisar Rp. 23 jutaan dan diperlengkapi dengan CPU Intel Core i7-1260P generasi keduabelas, grafis Intel Irislah Xe, RAM 16GB, SSD 1TB, dan monitor 14 inch, 2560 x 1600 pixel. Swift 5 baru ada dalam dua warna: Misty Green dan Steam Blue.

Acer menjelaskan mode itu akan ada di toko resmi sampai akhir Juni.  Di saat penulisan ini, cuma ada satu  konfigurasi CPU angkatan keduabelas yang ada, tapi bila sobat tidak berkeberatan membuat perlindungan mode Swift 5 angkatan paling akhir (ini mendapat rangking bintang 4,5 dan 13 jam periode penggunaan baterai, CPU Intel Core i7-1165G7, RAM 16GB, SSD 512GB, dan Walmart.

Desain Acer Swift 5

Swift 5 baru tidak disangsikan kembali sebagai laptop sangat menarik yang sempat kami saksikan tahun ini. Acer mengeklaim itu “desain yang cantik,” dan sementara banyak OEM condong membesar-besarkan dalam kata kunci yang memikat dan kalimat menarik, perusahaan yang berbasiskan di Taiwan mendapatkan uang.

Sasis aluminium kelas militer dilapis dengan warna Mist Green yang eksklusif. Tetapi yang betul-betul mengundang perhatian ialah engsel mencolok yang membual kata “SWIFT” dalam font abu-abu yang halus dan dialek emas yang sobat dapatkan di pinggir port.

Menurut Acer, penutup anodized tahan pada abrasi dan korosi, dan lencana Acer dibuat dengan emas dan tampilkan huruf mengkilat. Dengan tutupnya terbuka, sobat bisa mendapati semakin banyak kebaikan Misty Green di semua dek.

Tetapi kami tidak suka dengan kontras yang jelek di antara tombol dan huruf (huruf kuning lusuh pada keyboard hijau tua tidak nikmat disaksikan). Ini bukanlah permasalahan untuk juru tulis sentuh, tapi bisa mematikan juru tulis dengan keyboard, terlebih bila mempunyai masalah penglihatan.

Simpatisan Green akan mengeruk touchpad OceanGlass, dek ramah lingkungan yang dibuat dari sampah plastik yang terjebak di laut. Sisi bawah sasis dibuat dari magnesium-aluminium dan mempunyai 4 kaki untuk jaga sasis supaya tidak sentuh permukaan datar. Ini mempunyai sirkulasi besar dan dua speaker (selanjutnya mengenai kualitas audio kelak).

Swift 5 memiliki ukuran 12,2 x 8,4 x 0,6 inch dan berat 2,7 pon. Kompetitor seperti Lenovo Yoga 9i Gen 7 (12,5 x 9,1 x 0,6 inch, 3,1 pon) dan Samsung Galaxy Book 2 Pro 360 (14 x 9 x 0,46 inch, 3,1 pon) sedikit berat dibanding Swift 5, tapi yang paling akhir lebih ramping.

✔️  Laptop 13 Inch Terbaik 2022, Cocok untuk Pelajar & Mahasiswa

Port Acer Swift 5 2022

Ingin ketahui port apa yang disiapkan Swift 5? Di samping kiri ada dua port Thunderbolt 4, port HDMI, dan port USB 3.2 Gen 1 Tipe-A. Di samping kanan ada port USB 3.2 Gen 1 Tipe-A yang lain, slots kunci Kensington, dan jack earphone.

Perlu semakin banyak port? Saksikan halaman Hub USB Tipe-C terbaik dan Stasiun Docking laptop terbaik kami.

Tampilan Acer Swift 5

Acer Swift 5 datang dengan monitor 14-inci, WQXGA, 2560 x 1600 pixel, Corning Gorilla Glass. Membuka tutupnya dan sobat akan menyaksikan jika itu telah tampilkan rasio faktor 16:10. Ini semakin tinggi dari layar laptop konvensional 16:9, hingga mempunyai semakin banyak ruangan monitor vertikal.

Benar-benar membahagiakan menyaksikan konten pada penampilan Swift 5 yang mengagumkan. Kami jalankan trailer Black Adam dan teksturnya benar-benar mengagumkan di panel ini. Jubah telanjang artis Dwayne Johnson yang compang-camping, misalkan, terlihat nyaris riil.

Seakan-akan kami dapat mencapai dan menyentuh monitor dan rasakan berbahan seperti karung goni tebal. Bahkan juga airnya kelihatan lebih tajam dari umumnya. Monitor tangkap pelukisan tiap riak-riak dan gelembung, membuat kubangan air lebih mencolok.

Apes, kami bahkan juga dapat mengenal bercak-bercak matahari di dahi Pierce Brosnan. Yang terbaik dari semua, monitor pancarkan warna dengan warna yang kaya dan jemu. Hasil kolorimeter stabil dengan pengalaman saya dengan panel di Swift 5.

Gamut warna DCI-P3 ialah 93,3%, melebihi rata-rata laptop premium (91,1%). Galaxy Book 2 Pro 360 (87,5%) pimpin, tapi angkatan ketujuh Yoga 9i menaklukkan Swift 5 yang diharap. Bagaimanapun juga, Lenovo Convertible mempunyai monitor OLED 2,8k.

Swift 5 melampaui persaingan. Dengan kecemerlangan 457 nits, laptop Acer menaklukkan rata-rata laptop premium (437 nits), Yoga 9i Gen 7 (352 nits) dan Galaxy Book 2 Pro 360 (373 nits).

Keyboard dan Touchpad Acer Swift 5

Keyboard style pulau Swift 5 tawarkan lampu latar dua lapis, hingga sobat bisa sesuaikan lampu latar keyboard seperti keinginan atau mematikannya seutuhnya dengan tekan F11. Seperti disebut, kontras rendah di antara huruf kuning tua dan tombol hijau rimba membuat huruf dan lambang susah disaksikan, jadi kami lebih suka menyimpan.

Kami mengetes keyboard Swift 5 memakai rangking pengetikan 10FastFingers.com dan jari-jari melayang-layang. Tidak ada masa aklimatisasi. Saat menulis di keyboard, jari-jari secara cepat jatuh ke jalur memiliki irama. Kami sukses 89 kata per menit, yang bisa lebih cepat dari rerata saya 85-87 wpm.

Memiliki ukuran 4,1 x 2,6 inch, touchpad imut ini dihias dengan hiasan emas lembut yang ikuti keseluruhan topik sasis. Kami mengetes pergerakan Windows 11, terhitung pengguliran dua jari dan pergerakan ketok tiga jari, dan semua memberi respon secara efektif.

Audio Acer Swift 5

Acer Swift 5 datang dengan suara juara penghargaan yang tidak memenangi piala apa saja untuk speaker peluncuran dua sisi bawahnya. Kualitas audionya khas. Kami mendengarkan “As It Was” Harry Styles, dan vocal lincah Styles kedengar bagus, tapi simbal dan drumnya mulai cukup tipis.

Kami mendengarkan “Me Porto Bonito” punya Bad Bunny dan mendapati metallicity yang sama. Tapi cuma sesudah ketukan reggaeton lenyap. Keseluruhannya, Swift 5 terdengar pantas dan tidak menuntaskan permasalahan terkecuali sobat ialah seseorang yang masih tetap memakai speaker suara premium.

Kami mengecek program pemrosesan audio DTS yang tawarkan tiga preset untuk musik, film, dan games untuk tingkatkan suara. Coba ialah kata yang bekerja di sini. Preset musik ialah profile suara terbaik, tapi karena diaktifkan secara standar, program DTS tidak banyak berbuat untuk tingkatkan kualitas suara.

✔️  Review Laptop Gaming Portabel Acer Predator Triton 500 SE 2021

Di samping itu, speakernya dapat sedikit besar. Bahkan juga pada volume maksimal, musiknya tidak sekuat yang diharapkan. Ini bukanlah permasalahan besar bila sobat tidak menginginkan pengeras suara, tapi bila sobat mendapati aliran YouTube atau saluran Twitch dengan volume rendah, misalkan, sobat akan kesusahan menyeimbangi amplifikasi yang kurang kuat saat meningkatkan volume di Swift 5 ke vertex.

Performa Acer Swift 5

Tidak boleh bermain-main dengan Swift 5! Ini kemungkinan seperti terlihat laptop jadul dengan susunan Misty Green, tapi banyak memiliki daya.

Disokong oleh processor Intel Core i7-1260P generasi keduabelas dan RAM 16GB, Swift 5 dengan trampil mengubah 35 tab Google Chrome, terhitung 3 video YouTube yang diputar secara bertepatan dan 2 saluran Twitch. Kami jalankan google docs baru dan memencetnya untuk memulai menulis untuk menyaksikan apa itu rengat tapi tidak ada pelambatan.

Dalam test performa keseluruhan Geekbench 5.4, Swift 5 cetak 9.859, menaklukkan rata-rata laptop premium (5.956). Lenovo Yoga 9i Gen 7 dan Samsung Galaxy Book 2 Pro 360 membesarkan hati CPU yang serupa dengan Swift 5, tapi dengan score yang kurang mengagumkan masing-masing 7.150 dan 9.043.

Saat ini silahkan kita saksikan kecepatan Swift 5 mentranskode video 4K ke 1080p memakai benchmark HandBrake. Laptop Acer cuma memerlukan waktu 7 menit dan 36 detik untuk menuntaskan pekerjaan, yang lebih cepat dibanding laptop premium biasa (10:38), Yoga 9i Gen 7 (12:18) dan Galaxy Book 2 Pro 360 (9:34).

Menurut hasil test transfer file kami, SSD 1TB Swift 5 memerlukan waktu 16 detik untuk mengkloning cache file media kombinasi 25GB pada 1.673,1 MB per detik, menaklukkan rata-rata laptop premium (973,7 MBps). Swift 5 melampaui SSD 1TB dalam Yoga 9i Gen 7 (1.506,8 MBps) dan Galaxy Book 2 Pro 360 (761,6 MBps).

Grafis Acer Swift 5 (2022)

Acer Swift 5 datang dengan grafis Intel Irislah Xe terpadu, hingga sobat tak perlu melakukan pekerjaan yang memerlukan grafis (seperti games dan editing yang memerlukan beberapa sumber daya). Tidak ada dana untuk diolah.

Karena ingin tahu, kami mengetes berapa baik performa Swift 5 pada benchmark Civilization VI: Gathering Storm (1080p) Sid Meier. Laptop ini meraih 26 frame per detik. Itu bukan laptop premium rata-rata (50fps), tapi jujur ​​saja, banyak laptop yang terhitung dalam penghimpunan data mempunyai GPU khusus.

Perbedaan yang lebih adil ialah Swift 5 dengan Yoga 9i Gen 7 dan Galaxy Book 2 Pro 360. Ke-2 nya mempunyai grafis Intel Irislah Xe. Lenovo 2-in-1 capai 23 fps dan Samsung Convertible capai 25 fps. Ke-2 nya nyaris melampaui Swift 5, tapi tidak capai halangan 26 fps.

Daya Tahan Baterai Acer Swift 5

Akankah laptop Acer terus berkilau dalam soal ketahanan baterai? Dalam test baterai yang terbagi dalam pencarian situs terus-terusan lewat Wi-Fi pada kecerahan 150 nits, Swift 5 bertahan 11 jam dan 24 menit.

Itu semakin lama dari rata-rata laptop premium (10:29) dan Yoga 9i Gen 7 yang ironis (8:06). Tetapi Swift 5 tidak pedulikan Galaxy Book 2 Pro 360. Bila Swift 5 dapat bertahan 35 menit kembali, itu akan menaklukkan Samsung Convertible, yang bertahan 11 jam 59 menit.

Webcam Acer Swift 5

Anehnya, webcam Swift 5 tidak jelek. Mempunyai penembak 1080p membuat kami lega karena pasaran laptop sudah terobsesi dengan 720 kamera sejak lama. Acer mengeklaim jika webcam ini tawarkan pengurangan keributan sementara, sebuah feature yang ia lihat saat memakai program kamera.

✔️  17 Rekomendasi Laptop 14 Inch Terbaik 2022, Cocok untuk Pelajar

Dibanding dengan selfie yang diambil dengan laptop lain, foto yang diambil dengan Swift 5 sedikit tajam. Warna diperlihatkan secara baik, menunjukkan garis-garis pirang lembut di rambut dan kaligrafi emas di pakaian. Bila mencari suatu hal yang lebih pas untuk pertemuan video, simak ulasan webcam terbaik kami.

Heat Acer Swift 5

Acer membesarkan hati jika Swift 5 hilangkan panas sampai 10% semakin banyak dibanding keyboard lain karena kipas double “performa tinggi”. Kami tidak bisa mengikuti uji coba Acer untuk memverifikasi jika klaim ini betul. Tapi pengetesan termal memperlihatkan jika Swift 5 tetap sejuk.

Sesudah streaming video 15 menit, sisi bawah capai 93 derajat Fahrenheit. Sisi tengah keyboard dan touchpad masing-masing memiliki ukuran 88 dan 80 derajat Fahrenheit. Pembacaan tidak melalui tingkat batasan kenyamanan 95 derajat. Ini benar-benar mengagumkan.

Perlu dicatat jika penguji lab kami mendapati jika sisi terpanas dari sasis pas di atas sirkulasi pada bagian belakang. Naik ke 96 derajat. Ya, kami melebihi margin 95 derajat kami, tapi sedikit.

Software dan Garansi Acer Swift 5 (2022)

Kami umumnya tidak terusik saat menghidupkan laptop untuk pertamanya kali, tapi Swift 5 memperlihatkan kebanyakan popup, dari Norton yang minta saya untuk “jalankan penyekenan pintar” sampai Acer bertanya apa kami akan melakukan atau berminat untuk sediakan data diagnostik.

Kami bahkan juga mendapatkan iklan Dropbox yang bertanya apakah kami tertarik dengan penawaran ruangan cloud. Swift 5 banyak memiliki bloatware Windows 11, terhitung Disney+, Hearts Deluxe, Norton Security Ultra, ExpressVPN, Spotify, Sederhana Solitaire, Sederhana Spider Solitaire, Sederhana Mahjong, dan Spades.

Tetapi, ada pula program bermanfaat yang hendak menarik untuk fans seperti PhotoDirector dan PowerDirector Cyberlink. Itu termuat dengan program bermerek Acer yang bermanfaat, terhitung Acer Care Center tempat sobat bisa hapus file sampah, mengupdate driver, mengecek kesehatan baterai, dan banyak.

Swift 5 datang dengan garansi terbatas setahun.

Kesimpulan

Swift 5 angkatan paling akhir dengan CPU Intel generasi kesebelas mengagetkan kami dengan ketahanan baterai 13 jam, performa hebat, desain menarik, dan cap harga yang sedap. Saat ini Swift 5 angkatan sekarang ini dibanderol berkisar Rp. 3 jutaan lebih mahal, tapi sedikit peningkatan harga benar-benar bernilai.

Laptop ini tawarkan SSD yang bisa lebih cepat, performa yang bisa lebih cepat, transcoding video yang mengagumkan, kecepatan transfer file yang mengagumkan, dan membahagiakan mata dengan pola hijau tua dan emas yang bagus yang masih enteng.

Salah satu keluh kesah mengenai Swift 5 ialah speaker yang kurang kuat dan program bloatware yang mengusik. Menariknya, saat kami mengecek pembahasan rekan kami mengenai angkatan paling akhir Swift 5, mereka memperlihatkan permasalahan yang serupa.

Bila Acer bisa membuat program pra-instal lebih gampang dan bisa lengkapi Swift 5 dengan semakin banyak mekanisme dual-speaker, Swift 5 menjadi legenda.

Leave a Comment