7 Tips Menentukan Hosting WordPress Terbaik dan Profesional

Hosting WordPress terbaik tidak bisa dilepaskan dalam proses pengembangan sebuah website. Kehadiran hosting akan membantu pengoptimalan kinerja suatu situs, karena hosting memiliki peran krusial di dalamnya.

Hosting berfungsi untuk menyimpan seluruh data personal dari situs yang Anda bangun, berikut penjelasan lengkapnya terkait pengertian hingga tips memilih hosting WordPress sesuai kebutuhan.

Apa Fungsi Hosting WordPress?

Jika diartikan secara umum, Hosting WordPress terbaik merupakan sebuah tempat file, data dan beberapa keperluan penting dari website disimpan, diakses dan dikelola melalui jaringan internet. Banyak yang memberikan istilah hosting merupakan rumah.

Rumah penyimpanan bagi data-data website. Hosting WordPress atau WordPress Hosting ini merupakan sebuah bentuk layanan web hosting yang diperuntukkan untuk menjalankan platform WordPress agar lebih optimal lagi.

Dengan menggunakan Hosting WordPress terbaik Anda juga akan mendapatkan beberapa keuntungan, terutama dalam hal optimasi website, mulai dari mempercepat waktu loading situs, mengatasi downtime pada situs, memberikan jaminan keamanan pada situs dan masih banyak lagi.

Dengan demikian, dapat diartikan jika keberadaan WordPress hosting sangat peting untuk menunjang bagaimana kinerja website nantinya, sehingga diperlukan perhitungan yang tepat sebelum benar-benar memutuskan untuk menggunakan layanan dari satu perusahaan tertentu.

7 Tips Menentukan Hosting WordPress Terbaik Sesuai Kebutuhan

Sebelum memutuskan untuk membeli Hosting WordPress terpopuler, Anda perlu menentukan dan merancang apa fungsi dari website nantinya. Karena tujuan dan fungsi dari blog ini akan sangat mempengaruhi fitur yang akan digunakan nantinya.

  1. Menentukan Fungsi Website

Jika website hanya digunakan untuk membuat blog personal saja, Anda bisa membeli layanan dengan biaya yang lebih murah dari pada dengan website bisnis, yang memerlukan deretan fitur dan kapasitas ruang tambahan.

  1. Menyesuaikan Fitur dan Konten

Jika sudah menentukan apa fungsi dari website ini nantinya, Anda bisa melanjutkan dengan memilih dan menyesuaikan fitur yang akan digunakan pada website serta apa isi dari website ini nantinya.

✔️  Cara Mengatasi Notifikasi File Sellers.json Di Dashboard Google Adsense

Fitur ini bisa Anda pilih di beberapa perusahaan layanan Hosting WordPress terbaik yang biasanya dibendakan dalam jenis paket. Jika website yang Anda bangun ini nantinya merupakan website personal Anda tidak perlu terlalu neko-neko dalam memilih fitur.

Secukupnya saja sesuai dengan konten yang akan ditampilkan nanti. Konten dari website personal biasanya berupa tulisan, gambar, animasi, vektor dan sejenisnya. Berbeda dengan Anda yang sedang membuat website untuk perusahaan atau toko online.

Maka Anda perlu memilih jenis layanan yang menggunakan fitur yang lebih banyak. Karena website bisnis akan lebih banyak membutuhkan kapasitas, sebab isi dari konten yang disampaikan juga lebih kompleks.

Jangan asal memilih jenis paket, karena paket yang Anda pilih akan sangar menentukan kinerja hosting yang Anda beli. Slaah beli memungkinkan Anda menjadi rugi jika dilakukan dalam jangka waktu yang panjang.

  1. Menentukan Potensi Traffic Website

Selain fitur hosting, Anda juga perlu mempertimbangkan seberapa besar nantinya traffic pengunjung yang akan mengunjungi website kalian sebelum memutuskan untuk membeli Hosting WordPress terbaik.

Hal ini akan menjadi pertimbangan seberapa besar kapasitas, server, penyimpanan dan sejenisnya yang akan Anda gunakan nantinya. Jika pengunjung website di gadang-gadang akan memiliki pengunjung banyak seperti toko online atau portal berita.

Maka beli paket hosting yang menyediakan server mumpuni agar website terhindar dari down saat traffic sedang tinggi-tingginya. Anda bisa meminta bantuan orang llain untuk menentukan potensinya.

Hal ini juga berlaku Jika Anda hanya ingin menggunakan sebagai blog pribadi, gunakan paket secukupnya saja, karena biasanya mereka sudah mempertimbangkan sebaik apa pengguna menggunakannya nanti.

  1. Menentukan Jenis Akomodasi

Akomodasi apa yang dimaksud? akomodasi yang dimaksud adalah jenis Hosting WordPress terbaik jenis apa yang cocok digunakan pada situs. Mengingat Hosting terdapat 3 jenis, diantaranya:

✔️  Review RevenueHits: Program Iklan Terbaik & Menjanjikan Untuk Publisher Indonesia

Shared Hosting/ hosting bersama, sebuah jenis hosting yang cocok digunakan untuk website pribadi atau jenis konten yang bersifat statis dan berorientasi pada teks. Jenis hosting pertama ini cukup ekonomis, sayangkan bisa memperlambat jika banyak pengunjung yang datang bersamaan.

Cloud Hosting/ Hosting kelola menjadi opsi hosting yang cukup bagus untuk mereka yang membutuhkan layanan tampa gangguan, karena biasanya jenis hosting ini memiliki fitur yang lebih lengkap dan cocok untuk jenis situs yang memang kompleks, seperti toko online, hingga profil perusahaan.

Hosting VPS/ gabungan, memiliki fitur yang paling lengkap diantara kedua jenis hosting di atas sesuai dengan harga yang ditawarkan. Jenis hosting ini cocok untuk website dalam skala besar dengan target pengunjung yang besar pula.

  1. Menentukan Anggaran Dana

Tips sebelum menentukan Hosting WordPress terbaik adalah dengan menentukan anggaran dana yang akan dibutuhkan nanti. Dengan adanya anggaran dana ini Anda akan lebih mudah merancang bagaimana bentuk website ke depannya.

Semakin kompleks website yang akan Anda bangun tentu saja akan semakin banyak membutuhkan anggaran dana dan sebaliknya. Namun, kembali lagi tentukan kebutuhan website Anda.

Penentuan anggaran dana ini juga bisa menjadi pembatas Anda agar tidak berlebihan ketika membeli hosting, tapi masih dalam kalangan wajar sesuai dengan kebutuhan. Saat ini, banyak perusahaan hosting yang menyediakan harga yang miring dan sudah dilengkapi dengan berbagai fitur.

Ingat satu hal penting ada biaya ada kualitas. Jangan pilih hosting asal murah jika Anda sedang ingin membuat website dalam jangka lama, profesional dan memiliki target traffic tinggi. Karena biasanya, hosting murah tidak memiliki fitur dan performa yang baik untuk mendukung tujuanmu.

  1. Memahami Bagaimana Performa Hosting

Sebagai langkah lanjutan dari tips sebelumnya, Anda perlu melakukan riset mendalam sebelum menentukan hosting dari perusahaan mana yang cocok dan menjadi Hosting WordPress terbaik untuk website Anda.

✔️  Kenali Penyedia Hosting VPS Terbaik di Indonesia, Apa Saja?

Riset bisa dimulai dengan menggali informasi tentang pelayanan dari sebuah penyedia hosting, bulai dari dimana letak server mereka, apa sertifikasi server yang mereka gunakan, apakah mereka menyediakan fitur keamanan.

Apakah mereka menyediakan fitur gratis tertentu, bagaimana performa mereka, seberapa prosentase kecepatan mereka dan sejenisnya.

Pentingnya mempertimbangkan performa hosting agar tidak terjadi penyesalan di masa depan. Takutnya nanti, Anda ingin membeli hosting dengan kualifikasi A ternyata mendapatkan B karena kurang teliti dalam membaca.

  1. Cek Review Pelanggan

Langkah terakhir untuk menentukan Hosting WordPress terbaik adalah dengan mencari review dan komentar terkait perusahaan penyedia hosting. Cari artikel yang menjelaskan secara terperinci bagaimana kinerja dari hosting terkait.

Jangan lupa cek juga bagaimana keunggulan dan kekurangan dari mereka. Sehingga Anda bisa mempertimbangkan kekurangan apa yang paling bisa Anda atasi, keunggulan mana saja yang memang Anda butuhkan.

Tidak hanya pada artikel, kalian juga bisa melihat bagaimana komentar dan pengalaman pengguna hosting terkait yang biasanya disediakan pada website resmi dari penyedia hosting yang bisa diketahui.

Untuk menghindari kesalahan Anda perlu melakukan riset dan persiapan yang matang. Pada intinya untuk menentukan Hosting WordPress terbaik, sehingga tujuan awal yang ingin dituju mudah untuk dipraktekkan.

Leave a Comment