5 Cara Mengganti Password Wifi yang Bisa Anda Coba Lakukan!

Ada beberapa cara mengganti password wifi yang bisa Anda lakukan. Mengubah nama dan kata sandi jaringan Wi-Fi Anda adalah cara sederhana dan penting untuk menjaga keamanan perangkat Anda, tetapi juga bisa sedikit menakutkan. 

Untungnya, tidak masalah jika Anda memiliki Xfinity, AT&T, atau penyedia layanan lainnya—langkah-langkah untuk mengubah pengaturan Wi-Fi Anda sama. Prosesnya juga serupa di berbagai pabrikan router, seperti NETGEAR atau TP-Link.

Baca juga: password WiFi terkunci

Cara Mengganti Password Wifi

Cara mengganti password WiFi

Wifi bagus untuk membuat Anda tetap terhubung, tetapi Wi-Fi yang kurang aman dapat membahayakan informasi pribadi Anda. cara mengganti password wifi menjadi penting di sini! Mengubah kata sandi secara teratur sangat penting untuk melindungi data Anda, serta mencegah tetangga murah mencuri bandwidth Anda! 

Tutorial ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana Anda dapat dengan mudah mengatur ulang kata sandi Wi-Fi Anda di halaman konfigurasi router Anda. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan!

Dapatkan Alamat Router IP Anda

Semua router mandiri dan gateway nirkabel menyediakan antarmuka web sehingga Anda dapat mengubah pengaturan. Namun, pabrikan juga dapat menyediakan aplikasi seluler untuk mengubah nama jaringan nirkabel, kata sandi, dan setelan lain dari ponsel atau tablet Anda.

Gunakan aplikasi seluler jika tersedia untuk cara mengganti password wifi, lalu lanjutkan ke bagian pengujian panduan ini. Jika Anda menggunakan antarmuka web, Anda harus menemukan alamat IP pribadi perute atau gateway terlebih dahulu sehingga Anda dapat memasukkannya ke bilah alamat peramban.

Bagian 1: Sambungkan secara nirkabel atau dengan kabel

Jika Anda menyiapkan perute baru untuk pertama kalinya, biasanya ada kabel Ethernet di dalam kotak yang memungkinkan Anda menghubungkan PC langsung ke perute. Ini mungkin cara termudah untuk mengatur semuanya, tetapi terkadang ini tidak berhasil. 

Banyak laptop ramping, seperti MacBook, tidak memiliki port Ethernet dan memerlukan adaptor USB untuk koneksi kabel ke jaringan. Terkadang lebih nyaman menggunakan ponsel atau perangkat seluler lainnya.

✔️  Cara Ganti Email Akun Valorant Riot Games

Untuk terhubung secara nirkabel, Anda memerlukan nama dan kata sandi jaringan default untuk router Anda. Ini dapat ditemukan di manual instruksi dan terkadang ditemukan di router itu sendiri, dicetak pada stiker atau label. Jaringan sering diberi label sebagai SSID (pengidentifikasi set layanan).

Jika Anda mengubah pengaturan pada jaringan yang telah disiapkan, Anda tidak memerlukan informasi default cara mengganti password wifi ini dan cukup menyambungkan ke jaringan dengan nama dan kata sandi yang biasa Anda gunakan.

Bagian 2: Temukan alamat IP default router Anda

Selanjutnya, Anda memerlukan alamat IP pribadi router Anda. Ada beberapa cara untuk melakukannya, bergantung pada jenis perangkat yang Anda gunakan:

  • iOS 14/iPadOS 14
  • Android
  • Windows 10
  • macOS Big Sur dan yang lebih baru

Masuk ke Router Anda Menggunakan Browser

Cara melihat password WiFi

Sekarang setelah Anda memiliki alamat IP perute, Anda dapat mengakses pengaturannya menggunakan peramban web standar seperti Firefox, Chrome, atau bahkan Internet Explorer.

Langkah 1: Buka browser web apa pun dan ketikkan alamat IP perute di bilah alamat.

Langkah 2: Antarmuka web router Anda muncul di dalam browser. Masuk menggunakan nama pengguna dan kata sandi Anda.

Anda harus masuk menggunakan nama pengguna dan kata sandi default perute. Merek router yang berbeda memiliki nama pengguna dan kata sandi default yang berbeda, tetapi biasanya sangat umum. Dalam kebanyakan kasus, kombinasinya adalah “admin” dan “kata sandi”.

Informasi ini sering dicetak pada stiker di suatu tempat di router itu sendiri. Jika tidak, lihat petunjuk perute Anda untuk menemukan nama pengguna dan kata sandi yang benar, atau buka situs web pabrikan, yang sering kali mencantumkannya juga.

Ubah Jaringan Nirkabel Anda

Setelah Anda masuk ke perute, Anda akan segera menemukan bahwa ada banyak pengaturan yang dapat Anda sesuaikan. Namun, kami akan fokus hanya pada dua: nama jaringan dan kata sandi Anda.

✔️  Cara Menghapus Foto Di Instagram Sekaligus Tanpa Aplikasi

Bagian 1: Ubah nama jaringan Anda

Nama jaringan Anda, sering disebut sebagai SSID, adalah cara orang melihat jaringan Anda saat mereka mencari jaringan Wi-Fi di perangkat mereka. Secara default, ini biasanya adalah nama pabrikan router dengan beberapa nomor tambahan. 

Anda dapat mengubah ini menjadi apa pun yang Anda inginkan, selama itu adalah nama yang akan Anda kenali dengan cepat, terutama jika Anda berada di daerah perkotaan di mana terdapat banyak jaringan Wi-Fi yang tumpang tindih.

Bagian 2: Ubah keamanan jaringan Anda

Setelah Anda menamai jaringan Anda, Anda ingin mengamankannya dengan kata sandi yang kuat sehingga orang yang lewat tidak dapat mencuri Wi-Fi Anda atau, lebih buruk lagi, menggunakan jaringan Anda untuk mendistribusikan malware ke perangkat Anda.

Ada beberapa opsi untuk protokol keamanan, termasuk membiarkan jaringan Anda terbuka, tetapi opsi terbaik adalah WPA2, juga dikenal sebagai WPA2-PSK atau AES. Ini memungkinkan Anda untuk memasukkan kata sandi di jaringan Anda.

Seperti kata sandi apa pun yang sering Anda gunakan, pastikan itu adalah sesuatu yang dapat Anda ingat. Selain itu, penting untuk tidak menggunakan kata sandi yang juga Anda gunakan untuk situs penting, terutama jika Anda akan memberikannya kepada tamu yang ingin menggunakan Wi-Fi Anda.

Perbaharui Kata Sandi Pada Kit Jaringan Mesh

Password WiFi

Kit jaringan masih berbeda dari router standar Anda. Anda tidak dapat mengakses antarmuka web backend untuk mengubah setelan. Sebagai gantinya, Anda menggunakan aplikasi seluler untuk masuk ke akun dan melakukan penyesuaian. 

Itu juga berarti Anda tidak perlu keluar dari cara Anda untuk mencari alamat IP kit seperti yang Anda lakukan dengan router standar. Petunjuk berikut didasarkan pada kit Eero, sehingga mungkin berbeda dari yang mungkin Anda lihat di layar.

Langkah 1: Dengan aplikasi Eero terbuka, ketuk ikon Pengaturan yang terletak di pojok kanan bawah.

✔️  Cara Menghapus History Di Opera Laptop & PC

Langkah 2: Ketuk Nama Wi-Fi.

Langkah 3: Ketuk nama baru lalu ketuk tombol Simpan.

Langkah 4: Ketuk Kata Sandi Wi-Fi.

Langkah 5: Ketuk tombol Edit Kata Sandi.

Langkah 6: Masukkan kata sandi baru lalu ketuk tombol Simpan.

Uji Pengaturan Jaringan Baru Anda

Anda sekarang telah memperbarui nama dan kata sandi jaringan Wi-Fi. Tetapi sebelum Anda mengemasi laptop Anda dan menjalankan bisnis Anda, Anda harus memeriksa ulang untuk memastikan semuanya berfungsi.

Bagian 1: Uji koneksi nirkabel

Ambil perangkat nirkabel dan temukan nama jaringan baru Anda di daftar jaringan yang tersedia. Masukkan kata sandi baru Anda untuk memastikan Anda dapat terhubung secara nirkabel. Lebih baik mencari tahu sekarang daripada harus memulai proses dari awal lagi saat Anda terlambat menghadiri rapat Zoom atau dua menit lagi untuk memenangkan lelang di eBay.

Bagian 2: Sambungkan kembali perangkat lain

Sekarang setelah Anda memperbarui nama dan kata sandi jaringan, semua perangkat yang sebelumnya terhubung ke jaringan Wi-Fi Anda perlu diperbarui informasinya agar dapat terhubung kembali. 

Ingatlah bahwa ini tidak hanya mencakup semua komputer dan perangkat seluler Anda, tetapi TV pintar, termostat pintar, sistem keamanan, dan perangkat lain apa pun yang menggunakan jaringan Wi-Fi Anda untuk terhubung. Itulah ulasan mengenai cara mengganti password wifi yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment