5 Aplikasi Edit Video Gratis yang Cocok untuk Pemula

Aplikasi edit video saat ini semakin banyak bermunculan. Hal ini memang sejalan dengan kebutuhannya yang semakin meningkat dari pengguna sosial media. Hampir semua pengguna media sosial berlomba membuat konten menarik.

Mulai dari untuk Instagram, Facebook, Youtube, TikTok, dan masih banyak lainnya. Tujuan dari pembuatan konten yang menarik tentu agar akun Anda semakin banyak yang melirik.

Semakin ramai akun sosial media, maka akan semakin menguntungkan. Bahkan bisa menghasilkan banyak uang. Oleh sebab itu, banyak konten kreator yang rela menghabiskan banyak waktu untuk mengedit video.

Bagi pemula yang ingin bisa mengedit video untuk membuat konten menarik, maka kami akan memberikan rekomendasi aplikasi editor untuk Anda. Aplikasi ini tersedia secara gratis dan memiliki tools sederhana.

Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah menggunakannya meski masih pemula. Untuk mengetahui selengkapnya, simak pembahasan berikut ini.

5 Aplikasi Edit Video untuk Pemula

Aplikasi video editor atau edit video memang sangat dibutuhkan saat ini. Tidak heran banyak developer yang menciptakan berbagai aplikasi video editor sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Mulai dari pengguna profesional yang membutuhkan banyak tools dan fitur, hingga pengguna pemula yang hanya ingin fitur sederhana. Video editor profesional memberikan hasil lebih eksklusif, tapi cukup rumit.

Sedangkan video editor untuk pemula, penggunaannya jauh lebih mudah. Meski begitu, hasil edit videonya tidak kalah dari aplikasi dengan video editor profesional. Berikut adalah lima rekomendasi Aplikasi edit video yang sangat cocok untuk pemula:

  1. CapCut

CapCut merupakan aplikasi untuk mengedit video yang tersedia untuk Android dan iOS. Aplikasi ini dikembangkan oleh Bytendance Pte. Ltd. yang menonjolkan kesederhanaannya dalam mengedit video.

Sebab, semua orang dari berbagai kalangan bisa dengan mudah menggunakan aplikasi ini. Ada dua pilihan layanan yang bisa Anda pilih saat menggunakan CapCut. Pertama adalah layanan premium dan kedua adalah layanan gratis.

Pada layanan premium, Anda diharuskan membayar biaya langganan untuk dapat menikmati semua fitur dalam aplikasi tersebut tanpa batas. Sedangkan untuk layanan gratis, Anda tidak perlu membayar.

✔️  2 Cara Membuka Control Panel Di Windows 10 (Panduan Lengkap)

Hanya saja, fiturnya terbatas dan kurang lengkap. Berikut ini adalah fitur yang tersedia di Aplikasi edit video ini:

  • Template yang dapat memudahkan Anda membuat video menarik tanpa perlu menyusun konsep dan mengedit. Cukup tempelkan video sesuai dengan template yang diinginkan.
  • Fitur edit yang terdiri dari tools animasi, cut, background, mengatur ukuran video, dan masih banyak lainnya.
  • Fitur audio yang berguna untuk menambahkan audio agar video lebih menarik dan tidak membosankan.
  • Fitur text untuk menambahkan teks dalam video sesuai keinginan Anda. Fitur sangat berguna untuk video-video tutorial yang harus disertai dengan teks.
  • Fitur effect akan membuat tampilan video jauh lebih menarik dan dinamis.
  • Fitur filter yang membuat cinematografi lebih menarik. Sebab, filter sangat berguna untuk memberikan nuansa yang lebih menarik di video.
  1. Filmorago

Aplikasi edit video selanjutnya yang sangat cocok digunakan oleh pemula adalah Filmorago. Aplikasi ini menawarkan kemudahan dan fitur editor yang sangat beragam.

Sama seperti aplikasi editor video lainnya, Filmorago juga memiliki fitur dasar seperti fitur edit, template, text, audio, effect, hingga filter. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis di Play Store dan App Store.

Bahkan Filmora juga tersedia untuk versi PC. Jadi, Anda bisa menggunakannya untuk mengedit video di PC. Selain dari segi fitur, Filmorago juga memiliki beragam kelebihan lainnya untuk pemula. Di antaranya adalah:

  • Memiliki tampilan yang sederhana dan mudah digunakan oleh pemula.
  • Berbagai tools mudah dikenali dan fungsinya juga jelas.
  • Aplikasi edit video Filmorago cukup ringan dan tidak akan membuat perangkat Anda crash.
  • Semua fiturnya dapat diakses secara gratis, jadi Anda tidak perlu berlangganan terlebih dahulu.
  • Template dan plugin bawaan dari aplikasi Filmorago sangat keren dan trendi.
  • Selain tools dan plugin gratis, tersedia juga yang berbayar. Di mana tools dan pluginnya lebih profesional dan mumpuni.
  1. InShot

InShot dapat kamu gunakan sebagai solusi video editor yang sangat mudah digunakan. Khususnya untuk pemula yang belum terlalu memahami proses editing video.

✔️  Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Recycle Bin Windows 10

Sama seperti aplikasi edit video lainnya, Anda bisa mendapatkan aplikasi InShot secara gratis di platform resmi seperti Play Store dan App Store. Jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya, InShot memiliki berbagai kelebihan.

Hal ini tentunya bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memiliki aplikasi untuk mengedit video. Di antaranya adalah:

  • InShot memiliki fitur teks yang memberikan banyak pilihan font menarik untuk Anda. Sehingga, tulisan di video jauh lebih unik dan bisa disesuaikan dengan konsep.
  • Aplikasi ini juga menyediakan berbagai pilihan stiker yang bisa Anda kreasikan agar video lebih menarik. Terutama untuk video dengan konsep ceria.
  • Tidak menampilkan watermark di hasil video. Sehingga, hasil edit terasa lebih eksklusif dan profesional.
  • Sistem interface Aplikasi edit video InShot sangat sederhana dan mudah dipahami. Navigasi dan ikon yang digunakan sangat jelas, sehingga Anda tidak perlu kebingungan saat menggunakannya.
  • Anda bisa menyimpan video dengan berbagai format. Di antaranya adalah 3GP, FLV, AVO, MOV, WEBM, MP4, dan masih banyak lainnya.
  • Semua fitur tersedia secara gratis dan bisa diakses sepuasnya. Meski begitu, Anda bisa berlangganan untuk mendapatkan layanan premium agar iklan di aplikasi InShot bisa hilang.
  1. Kinemaster

Rekomendasi berikutnya untuk aplikasi edit video adalah Kinemaster. Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan aplikasi satu ini karena memang memiliki popularitas yang tinggi.

Kinemaster tersedia secara gratis untuk Android dan iOS. Anda bisa mengunduhnya di Play Store dan App Store. Sama seperti aplikasi sebelumnya, Kinemaster tentu memiliki berbagai kelebihan yang bisa Anda nikmati.

Di antara banyaknya kelebihan tersebut, berikut ini adalah fitur paling menguntungkan bagi Anda yang masih pemula:

  • Fitur untuk editing sangat lengkap dan berfungsi sangat baik. Misalnya saja untuk menyesuaikan ukuran video, animasi, menambahkan video, menggabungkan, memotong, menambahkan audio, dan lain sebagainya.
  • Efek dan filter aplikasi edit video Kinemaster cukup beragam dan menarik. Sehingga, Anda bisa menentukan nuansa yang paling cocok untuk konsep video.
  • Ukurannya cukup ringan jika dibandingkan dengan video editor lainnya.
  • Mudah digunakan karena interfacenya yang sederhana dan jelas.
  • Anda bisa memilih kualitas video yang ingin disimpan.
  1. VN

Rekomendasi terakhir aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk edit video adalah VN atau Video Now. Di antara semua aplikasi di atas, bisa dibilang VN yang paling sederhana dan mudah digunakan.

✔️  Tips dan Cara Membuat Blog yang Menarik dan Ramai Pengunjung

Toolsnya tidak terlalu banyak tapi memiliki fungsi yang optimal. Menariknya, Anda bisa mengunduh dan menikmati semua tools tersebut secara gratis.

Bahkan, aplikasi edit video ini juga memiliki berbagai kelebihan lain dibandingkan aplikasi gratis lainnya. Di antaranya adalah:

  • Anda bisa menghapus watermark dari video agar hasilnya lebih profesional.
  • Bisa menambahkan dan menghapus video dengan lebih mudah.
  • Terdapat pilihan audio yang cukup banyak dan cocok untuk segala kondisi.
  • Efek dan filternya sangat beragam. Bahkan, cukup banyak dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Mulai sekarang, siapa saja dapat mengedit video dengan sangat mudah. Sebab, Anda bisa menggunakan aplikasi edit video yang sudah kami sebutkan di atas.

Leave a Comment