4 Cara Hapus Email di HP yang Harus Kamu Coba

Email menjadi hal yang sangat penting dimiliki saat ini, termasuk pengguna android. Pasalya, beberapa aplikasi membutuhkan login pakai surel (surat elektronik) ini. Namun, ada kalanya Anda harus tahu cara hapus email di HP agar tingkat keamanan android lebih tinggi.

Khususnya jika Ada berniat untuk menjual smartphone terebut, maka pastikan sudah menghapus email sebelumnya. Surel ini memiliki data yang bersifat pribadi dan menghubungkan dengan aplikasi e-wallet yang berbahaya jika diketahui orang lain. 

Baca juga: cara unduh aplikasi laptop 

Cara Hapus Email di HP Tanpa Kuota dan Aplikasi Tambahan

Umumnya, pengguna smartphone mempunyai lebih dari satu akun email yang aktif di dalam satu perangkat, baik email pribadi, kantor, dan keperluan penggunaan lainnya. Hal ini ternyata mendukung terjadinya pembengkakan peggunaan memori internal HP.

Apalagi jika smartphone yang digunakan memiliki keterbatasan memori interal, jelas akan terjadi lemot atau bahkan hang. Notifikasi dari setiap pesan masuk, baik yang peting dan tidak terlalu penting akan bermunculan dan menggangggu kenyamanan pengguna HP.

Ada baiknya untuk menghapus akun surel yang tidak terlalu dibutuhkan agar tidak terjadi hal-hal tersebut. Apakah hapus email membutuhkan jaringan internet atau kuota? Terdapat langkah menghapusnya tanpa perlu kuota dan aplikasi tambahan.

Berikut ini cara hapus email di HP yang dapat dipraktikkan dengan aman dan mudah. Anda harus mengikuti setiap langkah agar berhasil menghapusnya secara permanen di perangkat smartphone tanpa menghilangkannya (masih bisa dibuka di perangkat lain).

  • Manfaatkan Menu Pengaturan (Setting) di HP

Setiap HP akan dibekali menu penting untuk mengatur segala hal yang dibutuhkan oleh penggunanya. Oleh karena itu, jangan sia-saiakan menu yang memiliki ikon seperti gir motor, yang dapat mengatur email Anda.

Buka menu ‘Pengaturan (Setting)’ di HP yang Anda miliki. Di sini ada banyak hal yang dapat diatur sesuai kebutuhan, termasuk untuk mengelola akun email. Perhatikan setiap submenu yang ada di menu ‘Pengaturan’ ini.

  • Pilih Submenu ‘Akun’ di Pengaturan

Submenu ‘Akun’ pada masing-masing jenis atau merk smartphone terkadang berbeda-beda. Ada yang menyebutkannya sebagai ‘Akun dan Pengguna’ maupun ‘Akun dan Pencadangan’. Keduanya memiliki fungsi sebagai submenu yang sama. 

  • Pilih Akun Email yang Ingin Dihapus di HP

Pada submenu ‘Akun dan Pengguna’ maupun ‘Akun dan Pencadangan’ akan tampil daftar surel yang terdapat atau login di smartphone. Pilihlah akun email yang ingin Anda hapus dengan klik ‘Remove Account’ atau ‘Hapus Akun’. 

  • Akun Email di HP Berhasil Dihapus

Selanjutya akan muncul box notifikasi yang berisi peringatan terkait penghapusan surel tersebut. Anda hanya perlu melakukan konfirmasi apabila benar ingin menghapusnya dari perangkat. 

✔️  Cara Menghapus Fanpage Facebook Secara Permanen

Catatan peting dalam meghapus email di perangkat ini akan menghapus semua pesan, kontak, dan data lain yang terkait dengan seluruh surel tersebut. Artinya, serangkaian cara hapus email di HP akan menyebabkan data tersebut hilang dari perangkat. 

Cara Hapus Email di HP Langsung dari Aplikasi Gmail

Selain memanfaatkan menu ‘Pengaturan (Setting)’ langsung dari HP, terdapat juga cara yang mudah dan pasti aman untuk dilakukan dalam menghapus email. Sebut saja aplikasi bawaan yang biasa sudah tersedia pada android yaitu Gmail.

Aplikasi berkirim surel (surat elektronik) ini juga memiliki menu ‘Pengaturan (Setting)’ yang dapat dimanfaatkan untuk menambah alamat email atau bahkan menghapusnya. Tentu berbeda dengan ara pertama yang tidak membutuhkan jaringan internet.

Anda ingin menghapus email di HP menggunakan cara langsung dari aplikasi Gmail akan membutuhkan kuota aktif. Selain itu, usahakan jaringan juga stabil agar proses penghapusan surel tidak gagal. Berikut ini cara yang dapat digunakan untuk hapus email di Gmail. 

  • Buka Aplikasi Gmail di HP

Pastikan HP Anda terhubung dengan jaringan internet untuk buka Gmail. Aplikasi bawaan ini biasanya terletak dalam satu folder menu Google di smartphone. Cobalah lihat ikon yang bergambar amplop putih dengan warna merah berbentuk huruf ‘M’.

Akun berkirim surat elektronik saat ini tidak hanya diperuntukkan bagi orag yang igin mengirim dokumen saja, tapi juga untuk verifikasi aplikasi lainnya. oleh karena itu, kerahasiaannya haruslah terjaga agar tidak bocor dan disalahgunakan.

Tidak heran, pengguna suatu perangkat bisa memiliki beberapa buah email, karena memiliki keperluan khusus dan umum. Namun, hal tersebut justru dapat membuat HP menjadi lebih berat, karena memori internal turut terpakai.

  • Pilih Menu Setting Gmail

Setelah masuk ke Gmail melalui smartphone Anda, maka akan terlihat di bagian paling atas sebelah kiri, ikon berbentuk tiga buah garis. Klik ikon tersebut dan memunculkan banyak pilihan menu sebagai cara hapus email di HP.

✔️  Cara Cek IMEI HP Dijamin Berhasil, Mudah, dan Praktis

Selanjutnya, carilah menu ‘Setelan (Setting)’ yang terletak di paling bawah dari seluruh pilihan menu pengaturan email. Pada bagian ini akan terlihat beberapa submenu yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan dalam mengelola Gmail.

Anda dapat mengelola akun Gmail yang aktif, mulai dari tampilan dan perubahan informasi data, menambah akun baru, hingga melakukan penghapusan terhadap email yang dirasa tidak terlalu penting.

  • Hapus Akun Gmail Tingkatkan Keamanan Android

Tampilan submenu dari setiap smartphone akan berbeda, terutama bagi yang hanya memiliki satu akun Gmail dengan yang punya banyak alamat email tersimpan. Setelah membuka menu ‘Setelan atau Setting’ di Gmail, pilihlah submenu ‘Kelola Akun’. 

Pada submenu inilah Anda akan melihat akun email di Gmail yang pernah login atau tersimpan di satu perangkat. Klik alamat email yang ingin dihapus, lalu muncul beberapa pilihan, termasuk ‘Hapus Akun’.

Sama halnya seperti panduan yang pertama, cara hapus email di HP ini juga dapat menyebabkan semua pesan, kontak, dan data lain yang terkait dengan seluruh surel tersebut terhapus. Namun, dapat kembali lagi saat Anda kembali login di Gmail.

  • Akun Email di HP Terhapus

Oleh sebab itu, saat Anda memilih ‘Hapus Akun’ pada Gmail tersebut selalu muncul pernyataan dan pertanyaan yang membutuhkan persetujuan terkait penghapusan email tersebut. Apabila dirasa tidak masalah, maka klik konfirmasi untuk menghapusnya. 

Anda akan melihat perubahan pada android yang digunakan, salah satunya terasa lebih ringan. Apabila terdapat banyak akun di Gmail yang tersimpan atau pernah login, maka boleh dihapus dengan mengulangi cara yang sama tersebut.

Akun email di HP pun berhasil terhapus, baik seluruh atau ditinggalkan hanya satu yang paling utama, sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, apabila ingin dijual, sebaiknya untuk logout dan hapus keseluruhan email tersebut.

✔️  2 Cara Mengembalikan Akun Tantan Yang Sudah Di Hapus

Anda dapat meningkatkan keamanan android dengan menghapus email sebelum dijual. Sebab, surel bukan lagi sekadar aplikasi berkirim surat, melainkan untuk verifikasi akun lainnya yang berbahaya jika diketahui orang lain.

Terutama apabila surel tersebut digunakan untuk aplikasi perbankan atau e-wallet. Lakukanlah cara hapus email di HP, baik yang tanpa kuota maupun langsung dari aplikasi Gmail secara tepat. Sebab, kendali keamanan data pribadi dari email ada di tangan Anda.

Leave a Comment