4 Cara Ganti Password Wifi Indihome dan Pentingnya Mengganti Sandi Secara Berkala

Tahukah Anda cara ganti password wifi indihome? Seperti kita tahu, mengganti wifi secara berkala adalah hal yang penting. Apalagi jika pengguna wifi berkorelasi dengan berbagai akses data yang kita lakukan setiap harinya.

Membuat kata sandi unik adalah langkah penting dalam mengamankan jaringan rumah Anda. Jika Anda kehilangan atau lupa kata sandi, Anda selalu dapat masuk kembali ke menu Keamanan Nirkabel dan memilih “Gunakan Default” untuk kata sandi. Ini akan mengubahnya kembali ke aslinya yang tercetak pada stiker modem.

Baca juga: cara mengetahui password WiFi 

Cara Ganti Password Wifi Indihome

Jika seseorang memiliki kata sandi wi-fi Anda, mereka dapat mengakses jaringan rumah Anda dengan cara yang sama seperti Anda. Itulah pentingnya cara ganti password wifi indihome atau jariangan lainnya. Berikut adalah langkah-langkah ganti password wifi indihome yang bisa Anda lakukan!

Buka Browser Anda ke Halaman Konfigurasi Router Anda

Password WiFi

Anda dapat mengakses halaman konfigurasi perute melalui peramban web di komputer yang terhubung ke jaringan. Jika Anda tidak dapat menghubungkan Wi-Fi karena Anda tidak tahu kata sandinya, Anda dapat menggunakan kabel Ethernet untuk menghubungkan komputer Anda langsung ke router. 

Ini akan melewati kebutuhan akan kata sandi Wi-Fi. Alamat router biasanya adalah 192.168.1.1, 192.168.0.1, 192.168.2.1, atau 10.0.1.1 untuk Apple. Masukkan alamat ini ke bilah alamat browser Anda. 

Jika cara ganti password wifi indihome ini tidak berhasil maka Anda dapat menekan dan menahan tombol Reset pada router Anda selama sekitar 30 detik untuk meresetnya ke pengaturan default pabrik. Kemudian Anda dapat mencari alamat default untuk model router Anda dan memasukkannya ke browser Anda.

Masukkan Detail Nama Pengguna Anda

Setiap perute membutuhkan nama pengguna dan kata sandi sebelum Anda dapat mengakses antarmuka. Dalam banyak kasus, nam password banyak yang serupa atau sangat familiar.Tentu saja ini bervariasi dari satu model ke model lainnya, jadi Anda harus memeriksa model Anda secara online untuk melihat informasi login yang tepat. 

✔️  2 Cara Mengganti Username Twitter

Sebagian besar router D-Link memiliki nama pengguna default admin dan kata sandi admin atau blank. Jika sebelumnya Anda telah mengubah login dan lupa, atau menerima router bekas dan pemilik sebelumnya tidak meresetnya, Anda harus menekan dan menahan tombol Reset di router selama sekitar 30 detik. 

Cara ganti password wifi indihome ini akan mengatur ulang pengaturan ke default, memungkinkan Anda masuk dengan nama pengguna dan kata sandi default. Hati-hati – ini akan menghapus data konfigurasi yang ada di router.

Buka Bagian Nirkabel dan Ubah Kata Sandi

Setelah Anda masuk ke perute, Anda perlu menemukan bagian Nirkabel di halaman konfigurasi. Nama persisnya bervariasi dari pabrikan ke pabrikan, tetapi umumnya Anda mencari tab atau tombol “Nirkabel” atau “Pengaturan/Pengaturan Nirkabel”.

Cari kotak berlabel “Password”, “Passphrase” atau “Shared Key”. Anda dapat memasukkan kata sandi baru Anda ke dalam kotak ini. Beberapa perute akan meminta Anda mengetik kata sandi lagi untuk memastikan bahwa Anda memasukkannya dengan benar.

Cobalah untuk membuat kata sandi yang kuat yang akan sulit jika bukan tidak mungkin ditebak. Itu tidak boleh terkait dengan apa pun yang bersifat pribadi, dan harus menyertakan jumlah angka yang banyak, kasus acak, dan karakter khusus seperti “!”, “$”, dan “#”. Kata sandi yang kuat biasanya memiliki panjang minimal 8 karakter.

Tetapkan Jenis Keamanan Anda dan Simpan Pengaturan Anda

Password WiFi

Ada tiga jenis utama enkripsi nirkabel: WEP, WPA, dan WPA2. Untuk jaringan yang paling aman, Anda harus menggunakan WPA2. Anda mungkin mengalami masalah menghubungkan perangkat lama, namun, dalam hal ini Anda dapat beralih ke WPA atau WPA/WPA2. Memilih WEP tidak disarankan, karena enkripsi WEP sangat mudah dibobol.

Setelah Anda memperbarui kata sandi baru, klik tombol Terapkan atau Simpan. Perute kemudian akan memproses perubahan tersebut, di mana setiap perangkat yang saat ini terhubung akan terputus. Setelah pengaturan Anda diubah, Anda dapat terhubung ke jaringan nirkabel menggunakan kata sandi baru Anda.

✔️  Cara Install AnyDesk Di Linux Ubuntu

Pentingnya Mengganti Sandi Secara Berkala

Yang perlu dilakukan penyerang Anda hanyalah berada dalam jangkauan wifi, dan mereka masuk. Memiliki orang yang tidak dikenal di jaringan rumah Anda adalah berita buruk. 

Dalam beberapa menit, mereka dapat memindai kerentanan perangkat Anda. Jika Anda belum mengikuti pembaruan keamanan, mereka mungkin akan menemukannya. Dan jika mereka melakukannya, inilah beberapa hal yang dapat mereka lakukan dengan cepat:

  • Mengunduh dokumen dari perangkat Anda – Word, Excel, PDF, dll.
  • Mengunduh file kata sandi Anda – dokumen tempat Anda mencatat semua kata sandi Anda
  • Mengunduh foto dan video dari perangkat Anda
  • Mengunggah foto dan video ke mesin Anda
  • Memulai kamera video internal dan mengambil gambar diam dan video langsung
  • Menyimpan dokumen dan data Anda untuk ditebus dengan ransomware
  • Mengunduh kata sandi dari browser Anda

Cara ganti password wifi indihome adalah praktik keamanan yang sangat bagus untuk mengubah kata sandi default di perangkat apa pun, dan terutama praktik yang baik untuk mengubahnya di router nirkabel Anda.  Banyak kata sandi default yang sangat mudah ditebak. 

Misalnya, router Netgear ini hadir dengan kata sandi default yang dapat ditebak oleh penyerang cerdas mana pun dalam waktu 10 detik. Itu masalah. Tetapi jika Anda memiliki orang asing yang berkeliaran di sekitar rumah Anda dan kata sandi jaringan Anda ditampilkan, maka Anda sedang mencari masalah.

Ingatlah bahwa kata sandi baru Anda harus aman. Kata sandi nirkabel dapat ditebak dengan cepat dan mudah jika didasarkan pada kata-kata kamus atau terlalu pendek. Jika semua ini terlalu sulit sekarang, letakkan router Anda di dalam mobil setiap kali Anda melakukan pemeriksaan. 

✔️  Cara Ganti Nama Fb Keren

Dan kemudian buat catatan mental untuk mengubah default dalam beberapa hari mendatang. Tidak melakukannya seperti tidur dengan pintu tidak terkunci. Jika semua ini terlalu sulit sekarang, letakkan router Anda di dalam mobil setiap kali Anda melakukan pemeriksaan. 

Dan kemudian buat catatan mental untuk mengubah default dalam beberapa hari mendatang. Tidak melakukannya seperti tidur dengan pintu tidak terkunci. Kita semua akrab dengan situasi ini: Anda akhirnya mendapatkan WiFi Anda terhubung dan Anda menerima nama jaringan dan kata sandi yang panjang dari huruf, angka, dan simbol yang campur aduk.  

Anda tidak akan pernah mengingatnya, jadi Anda memutuskan untuk mengubahnya menjadi sesuatu yang lebih berkesan. Meskipun itu bukan hal yang salah untuk dilakukan, ada alasan bagus bahwa kata sandi sulit untuk diingat sejak awal—itu kata sandi yang kuat. 

Jadi, sebelum mengubah kata sandi menjadi sesuatu yang pribadi atau lebih mudah untuk diketahui, pertimbangkan alasan berikut mengapa Anda harus menyimpan kata sandi yang panjang dan kuat:  Orang dapat melakukan aktivitas ilegal di jaringan Anda.

Jika Anda terhubung ke internet, Anda berisiko diretas. Tetapi apa yang terjadi ketika seseorang masuk ke jaringan Anda dan melakukan sesuatu yang ilegal darinya? Masalah besar. Itulah ulasan cara ganti password wifi indihome yang bisa Anda coba lakukan untuk keamanan jaringan internet Anda. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment