4 Cara Edit Video Kinemaster yang Perlu Anda Ketahui

Membuat dan mengedit video tentunya bukan hal asing lagi. Di mana memang kegiatan ini sering dilakukan oleh siapa saja melalui salah satu aplikasi bernama kinemaster. Tentu saja ada banyak cara edit video kinemaster yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu. 

Melalui aplikasi satu ini, Anda bisa menambahkan layer, efek slide, dan masih banyak hal lainnya. Di mana memang cara untuk melakukan pengeditan tidaklah begitu susah. Apalagi memang sudah ada berbagai fitur yang bisa membantu.

Baca juga: cara instal 2 WhatsApp 

Beberapa Cara Edit Video Kinemaster 

Sebenarnya, meskipun mudah, masih banyak para pengguna yang tidak tau atau belum paham mengenai cara edit video menggunakan aplikasi ini. Oleh sebab itu, ada beberapa cara yang mungkin bisa dilakukan. 

cara edit video kinemaster

Membuat Project Baru 

Sebelum mengetahui cara edit video kinemaster, sudah pasti harus melakukan pengunduhan terlebih dahulu. Pengunduhannya sendiri sangatlah mudah, karena sudah tersedia di playstore. Nantinya, jika sudah diunduh bisa langsung diinstal untuk mulai memakainya. 

Setelah itu, Anda bisa langsung membuka aplikasinya untuk mulai melakukan pengeditan. Jika Anda sudah memiliki video yang akan diedit, maka hanya perlu masuk pada bagian media browser. Hal ini dilakukan untuk mengimpor video ke dalam aplikasinya. 

Jika video tersebut sudah berhasil diimpor, maka bisa langsung mengedit video sesuai dengan apa yang diinginkan. Anda bisa menggunakan berbagai fitur yang tersedia. Editlah video sebagus mungkin, sesuai dengan keterampilan yang dimiliki. 

Melakukan Pemotongan Bagian Video 

Cara edit video kinemaster selanjutnya ialah dengan melakukan pemotongan bagian video. Ada beberapa orang yang kadang memang ingin memotong bagian dari video. Hal ini dilakukan untuk membuat video menjadi lebih bagus dan menarik. 

Pada aplikasi kinemaster sendiri, Ansa harus sudah meng-upload satu buah video layer sebelum bisa memotongnya. Cara untuk mengunggahnya sendiri sangatlah mudah, cukup menekan simbol “+” saja. Simbol satu ini biasanya berada di lingkaran tengah. 

✔️  Cara Ganti Nomor HP Akun Dana Ke Nomor HP Baru

Jika video tersebut sudah terunggah, maka hanya perlu centang bagikan yang berada di kanan atas. Untuk memotong video sendiri, Anda hanya perlu melakukan tekan video pada bilah bawah dan tahan bidang garis kuning yang letaknya di sisi kiri. 

Untuk cara edit video kinemaster selanjutnya ialah dengan melihat bagian kiri dari video. Akan ada ikon gunting yang harus Anda pilih untuk melakukan pemotongan video. Nantinya, hasil pemotongan video yang dilakukan akan tampak pada bagian bilah yang sama. 

Jika sudah memilih pemangkas tapi masih mati, maka cukup untuk menggeser garis yang ada pada video ke bagian kanan atau kiri. Hal ini dilakukan untuk bisa menentukan bidang yang akan Anda potong. Tentu saja Anda bisa bebas melakukan pengeditan pada video ini. 

Pengeditan juga bisa dilakukan baik ke kiri atau ke kanan, yakni playhead. Selain itu, Anda juga bisa membagi video menjadi 2 bagian. Tentu saja hal inilah yang banyak dicari oleh orang-orang. Biasanya, fungsi dari pemotongan video ialah membuang bagian yang tidak diinginkan. 

Edit di kinemaster

Proses pemotongan video yang cepat membuat seseorang selalu melakukan hal ini. Bahkan beberapa orang yang mencari cara edit video kinemaster rata-rata ingin memotong atau membuat video menjadi 2 bagian. Untuk membuat video menjadi 2 bagian pun tidaklah sulit. 

Di sini, Anda perlu menekan menu playhead dan memang akan langsung terbagi menjadi 2. Anda hanya perlu memilih bagian mana yang akan dibagi menjadi 2. Di sini, Anda sudah pasti akan membuang bagian yanh dianggap tidak perlu atau tidak memenuhi kriteria. 

Memanfaatkan Fungsi dari Transisi 

Untuk mengedit sebuah video pun bisa dilakukan dengan memanfaatkan fungsi dari fitur transisi. Transisi ini tentu saja bisa dipakai untuk mengubah tampilan klip atau bagian video yang baru Anda potong. Anda juga bisa menggunakannya untuk memasukkan klip tambahan ke dalam video utama. 

✔️  Cara Mengatur Ukuran Kertas Di Google Docs

Tujuan dari cara edit video kinemaster ini ialah membuat tampilan video menjadi lebih halus saat berganti adegan. Cara ini memang banyak digunakan oleh orang-orang untuk mendapat video yang lebih bagus. Untuk melakukannya sendiri bisa dimulai dengan mengimpor video daei galeri ponsel terlebih dahulu. 

Untuk transisi sendiri biasanya diperlukan dua file video. Di mana ketika keduanya sudah diimpor, maka akan melihat sebuah bilah kotak kecil yang merupakan pembatas video 1 dan 2. Tanda pembatasnya ialah kotak kecil yang memiliki warna abu-abu. 

Untuk menambahkan efek transisi, Anda harus menekan kotak berwarna abu-abu. Kemudian, bisa langsung memilih efek transisi. Ada banyak sekali efek yang bisa diterapkan pada video tersebut. Mulai dari klasik teks, kesenangan 3D, presentasi, images, dan lain sebagainya. Semua efek tersebut sudah pasti bisa digunakan secara gratis. 

Untuk menggunakan salah satu dari efek transisi, maka bisa menekan efek transaksi tersebut atau biaa juga mengklik tanda ceklist yang berada pada bagian atas dari efek transisi. Setelahnya, cukup geser video dan klik putar saja. Cara edit video kinemaster ini memanglah sangat mudah dilakukan oleh siapa saja. 

 

Sebelumnya, jika Anda sudah menentukan efek transisinya, maka akan lebih baik jika melihat dulu hasilnya dengan menggeser video ke arah kanan. Bisa juga dengan menekan tombol putar yang ada pada video yang sedang diedit. 

Transisi ini ternyata bisa mengubah video Anda menjadi lebih bagus dan memiliki kesan profesional. Untuk bisa mendapatkan hasil yang baik, maka harus menyesuaikan efek dengan video yang dibuat. 

Menyematkan Audio 

Selain transisi, ada juga menyematkan audio yang tentu saja akan membuat video menjadi lebih hidup. Ada banyak pilihan audio yang bisa diterapkan dalam sebuah video. Tentu saja cara edit video kinemaster ini menjadi hal yang wajib dilakukan.

✔️  Cara Menaikan Kapasitas Upload Wordpress Untuk Mengunggah Themes Atau Plugins

Edit dengan kinemaster

Untuk melakukannya juga sangat mudah, Anda hanya perlu mengklik ikon mikrofon saja. Setelahnya, klik rekam jika ingin menambahkan suara dari rekaman. Selain itu, bisa juga klik rekaman audio. Di sini, Anda bisa bebas memilih audio apa yang akan digunakan. 

Nantinya, jika menekan tombol rekam, maka video yang sudah Anda pilih akan ditandai dengan sebuah garis berwarna merah. Garis merah ini meruoakan tanda audio yang disematkan ke dalma video tersebut. Jika menekan tombol stop, maka garis merah akan dilengkapi dengan garis berwarna ungu. 

Sebelum memutuskan untuk menerapkan audio, maka pastikan dulu kualitas dari videonya dengan menggunakan fitur tinjau. Hal ini dilakukan untuk memastikan kualitas dari audio yang disematkan ke dalam video tersebut. Jika hasilnya memang tidak bagus, maka Anda bisa menggunakan fitur rekam ulang. Tentu saja cara edit video kinemaster ini bisa diikuti dengan mudah. 

Demikianlah berbagai cara edit video kinemaster yang benar-benar mudah dan bisa dilakukan oleh para pemula. Ikuti beberapa langkah di atas untuk menghasilkan video yang bagus. 

Leave a Comment