3 Cara Mendownload Aplikasi di Laptop dengan Mudahp

Aplikasi adalah  perangkat lunak komputer yang menggunakan daya komputasi secara langsung untuk melakukan tugas yang diinginkan oleh pengguna. Aplikasi juga bisa disebut sebagai program, sedangkan contoh utamanya adalah aplikasi pengolah kata, spreadsheet, office, pendidikan dan media. Dilihat dari penggunaan perangkatnya, terdapat beberapa aplikasi yaitu digunakan pada komputer seperti PC atau laptop, dan digunakan pada perangkat mobile seperti smartphone. Beragam cara mendownload aplikasi di laptop agar user bisa menggunakan layanan program yang ada di aplikasi.

Aplikasi yang dipakai oleh banyak perangkat seluler sering disingkat oleh masyarakat dengan sebutan APK.  Secara umum, aplikasi dapat digunakan secara normal di PC atau laptop, termasuk “APK” yang didukung oleh OS Windows (7/8/10) dan program lain seperti “Emulator”. Namun, aplikasi atau software yang digunakan di komputer, PC, atau laptop  mungkin tidak berfungsi di perangkat seluler. Ini karena keterbatasan sistem operasi ponsel. Bagaimana cara mengunduh aplikasi?

Jika diperhatikan baik-baik penjelasan di atas, ada beberapa cara mendownload aplikasi di laptop Anda, berikut cara-caranya.

Cara mendownload aplikasi di laptop

Baca juga: cara hapus akun Twitter 

Cara mengunduh software di PC dan laptop melalui file .exe

File .exe adalah file executable atau file yang digunakan untuk menginstal program/aplikasi di sistem operasi windows. Berhati-hatilah dengan file .exe saat ingin menginstal aplikasi karena file tersebut rawan terkena virus, apalagi jika file tersebut berasal dari sumber yang tidak resmi. Lalu bagaimana cara mendownload aplikasi di laptop Anda dengan format file .exe ini?

  • Buka software pencarian atau browser yang anda miliki seperti Opera, Chrome atau Mozilla Firefox.
  • Ketik di kotak pencarian atau klik di sini untuk memilih Unduh Aplikasi dan temukan aplikasi atau perangkat lunak yang ingin Anda unduh.
  • Baca deskripsi perangkat lunak dan kemungkinan penjelasannya.
  • Klik Unduh pada aplikasi atau perangkat lunak sesuai kebutuhan.
  • Biasanya setelah itu kita langsung mendapatkannya menunggu hasil download. Selain itu, beberapa situs memerlukan beberapa langkah untuk mendapatkannya.
  • Saat unduhan selesai, buka dari folder yang diunduh.
  • Aplikasi siap diinstal
✔️  Cara Blokir Akun Hago Orang Lain

Setelah Anda mendownload aplikasi tersebut, bukalah folder tempat Anda menyimpan aplikasi yang telah Anda download. Biasanya, aplikasi yang Anda unduh dilengkapi dengan file .exe. Klik kanan file .exe, lalu klik Buka, kemudian Anda akan melihat kotak dialog User Account Control (UAC), klik OK. Kemudian Anda biasanya tinggal memilih opsi Next hingga penginstalan selesai, saat penginstalan selesai, Anda dapat mengklik Selesai. Anda telah berhasil memasang aplikasi atau software di laptop Anda.

Cara mendownload aplikasi di laptop dengan menggunakan ekstensi Chrome browser 

Cara download dengan chrome

Untuk menggunakan ekstensi Google Chrome, pengguna perlu menambahkan ekstensi Pengunduh Aplikasi ke Google Chrome. Mengunduh aplikasi sangat sederhana, pengguna harus mencari aplikasi yang diinginkan melalui ekstensi aplikasi dan mengunduh aplikasi yang diperlukan.

Menggunakan platform Microsoft Store

Seperti sistem operasi lainnya, Windows juga memiliki pembaruan sistem. Di Windows 8 dan 10, Anda dapat menggunakan toko digital Microsoft bernama Microsoft Store. Di sini Anda dapat mengunduh aplikasi untuk laptop Anda seperti Play Store di Android.

Langkah pertama tentu saja Anda perlu membuka platform Microsoft Store. Di Windows 8, Anda dapat mengarahkan kursor ke sudut kanan atas atau bawah hingga menu pencarian muncul, di Windows 10, Anda dapat pergi ke bagian bilah tugas dan menemukan menu pencarian. Kemudian pilih aplikasi Microsoft Store, pilih aplikasi atau perangkat lunak yang ingin Anda instal. Klik pada menu Terapkan dan aplikasi akan diunduh secara otomatis, setelah pengunduhan selesai, Anda hanya perlu mengklik opsi Mulai dan program sudah diinstal di laptop Anda.

Cara mendownload aplikasi di App Store 

Untuk mengunduh aplikasi untuk Mac, pengguna harus mendaftar ke App Store. Cara kerja ini tidak jauh berbeda dengan mengunduh aplikasi dari App Store iPhone. Setelah aplikasi yang diinginkan ditemukan, pengguna hanya perlu memilih “Get” untuk mengunduh aplikasi tersebut. Detail caranya adalah sebagai berikut:

✔️  Cara Menambahkan Bot Di Discord

Aplikasi laptop

Berikut dua cara install aplikasi di macOS yang bisa Anda coba. Pertama dari App Store dan juga dengan installer .dmg. 

1. Instal aplikasi di laptop macOS melalui App Store

Sama seperti Microsoft Store, Apple juga memiliki App Store yang memungkinkan pengguna mengunduh aplikasi secara resmi. Memasang aplikasi di laptop Anda dari App Store sebenarnya sama dengan membukanya dari iPhone Anda. Namun, untuk mendapatkan detail lebih lanjut, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka dan cari aplikasi di App Store. 
  • Klik tombol Get.
  • Setelah itu, klik tombol Install untuk melanjutkan langkah menginstall aplikasi di laptop berikutnya. Tunggu prosesnya selesai.
  • Masuk ke akun ID Apple Anda. Jika demikian, program akan muncul di Launchpad. 

2. Instal aplikasi di laptop mac OS dari file. dmg

Tentunya selain App Store, kamu juga bisa download aplikasi dari website di internet.

Extensi file instalasi yang anda download selanjutnya adalah .dmg atau yang merupakan singkatan dari disk image.

Tentu saja, cara menginstal aplikasi di laptop menggunakan file .dmg berbeda dengan mengunduhnya dari App Store. Sedikit lebih lama tetapi tidak serumit menginstal Windows 10 pada flashdisk USB. Daripada penasaran, lebih baik langsung simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Temukan file installer.dmg yang berhasil diunduh. Setelah itu, klik dua kali file tersebut untuk membukanya dan lanjutkan ke langkah penginstalan. Di jendela Perjanjian Lisensi Pengguna Akhir, klik Setuju untuk melanjutkan penginstalan aplikasi di komputer berikutnya. Kita tunggu download selesai. Klik aplikasi yang ingin Anda instal dan seret ke folder Aplikasi. Kita tunggu hingga prosesnya selesai. Anda telah berhasil menyelesaikan langkah-langkah untuk menginstal aplikasi di komputer macOS Anda.

✔️  Inilah Cara Download Aplikasi Messenger untuk Android, Mudah!

Ini adalah langkah-langkah untuk menginstal perangkat lunak pada laptop Anda. Kalau sudah tahu, prosesnya tidak sesulit yang dibayangkan bukan? Alih-alih meminta orang lain untuk melakukannya, Anda dapat menginstalnya sendiri. Langkah-langkah yang diperlukan dijelaskan secara singkat dan dengan cara yang mudah dipahami.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan versi aplikasi atau software yang Anda instal. Ini berguna untuk menentukan apakah versi tersebut kompatibel dengan sistem operasi laptop Anda. Karena jika anda sudah mengikuti proses install aplikasi di laptop anda tapi ternyata tidak kompatibel maka waktu dan tenaga anda akan terbuang percuma. 

Tentunya bagi Anda yang bekerja di kantor seringkali harus selalu siap untuk mengerjakan atau mengerjakan pekerjaan Anda dimanapun Anda berada. Apalagi jika Anda sering bepergian untuk rapat atau mengerjakan tugas di luar kota, laptop sangat berguna dan dibutuhkan untuk pekerjaan Anda. Oleh karena itu, tidak dapat dipungkiri penting untuk menggunakan aplikasi yang mendukung pekerjaan Anda, serta mengetahui cara mendownload aplikasi di laptop, karena hal tersebut tentunya membuat banyak pekerjaan Anda menjadi lebih mudah.

Leave a Comment