2 Langkah Sederhana Download Windows 11

Sebagai pengguna sistem operasi Windows, tahukah Anda bagaimana cara download Windows 11? Apabila belum, kini Anda sudah ada di artikel yang tepat. Yuk, cek informasi tentang sistem operasi versi baru dari Microsoft berikut.

Baca juga: cara install Windows 

Sekilas tentang Windows 11

Sebenarnya, sistem operasi Windows 11 ini sudah diluncurkan secara resmi pada Oktober 2021 lalu. Dimana pengguna device yang kompatibel bisa download Windows 11 secara gratis.

download Windows 11

Selain bisa update dengan legal, sistem operasi terbaru ini juga bisa dibeli. Jika Anda merupakan pengguna perangkat baru atau PC bisa membeli software ini.

Setiap pengguna akan menerima pemberitahuan tentang ketersedian update Windows 11 pada menu Windows Update. Menu tersebut sudah tersedia di dalam perangkat baik untuk Laptop maupun PC.

Apabila perangkat Anda belum tersedia, maka pemberitahuan seputar pembaruan sistem akan akan dilakukan secara bertahap. Namun, jika Anda enggan menunggu publikasi dari Microsoft, Anda bisa pelajari cara download Windows 11 disini.

Fitur Unggulan Sistem Operasi Windows 11

Pembaruan Operating System (OS) selalu menawarkan berbagai fitur unggulan yang menambah performa Windows. Apakah Anda sudah tahu apa saja fitur canggih yang akan didapat setelah download Windows 11?

Nah, sebelum membahas langkah-langkah mengunduh softwarenya, Anda harus tahu apa saja keunggulan Windows 11. Dimana fitur yang dirancang oleh Microsoft kali ini sengaja dirancang untuk memudahkan bekerja dari rumah.

Perubahan tidak hanya pada UI saja, Microsoft juga memperbaiki fitur-fiturnya. Dengan demikian diharapkan pengguna bisa mendapatkan fitur yang baru dan lebih interaktif.

Simak pemaparan selanjutnya untuk memperoleh gambaran yang lebih jelas. Berikut ini sejumlah fitur canggih dari Windows 11 yang bisa Anda nikmati usai menginstalnya.

Tampilan Start Menu

Ketika Anda menggunakan Windows 11, hal pertama yang bisa Anda temui adalah tampilan baru dari Start menu. Pada sistem operasi ini, pengguna akan melihat menu yang posisinya tepat di tengah layar perangkat.

✔️  Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus Tanpa Aplikasi Ketiga

Apabila pada versi sebelumnya Anda akan menemukan Lives tiles, maka tidak untuk versi terbaru ini. Dimana pengguna akan disajikan icon berbagai warna yang dapat Anda personalisasi.

Istimewanya, Start menu desktop Anda kini hadir dengan cloud khusus. Yangmana nantinya akan menampilkan apa saja aplikasi favorit penggunanya.

Bagaimana jika Anda tidak menyukai posisi Start menu pada layar desktop? Tenang saja, sebab ada opsi yang bisa pengguna pilih agar start menu kembali di posisi sudut kiri layar.

Snap Group dan Snap Layout

Banyak orang penasaran dan ingin secepatnya download Windows 11 karena fitur yang satu ini. Sebab OS terbaru ini dikabarkan dapat mendukung kebutuhan multitasking.

download Windows 11

Cara memanfaatkan fitur ini cukup sederhana. Anda hanya perlu tekan tombol maximize atau minimize saat ingin memilih snap layout yang berbeda.

Pemilihan tersebut berdasarkan pada ukuran dari device yang sedang Anda gunakan. Misalnya Anda tengah membuka tiga aplikasi yang berlainan.

Sistem operasi ini akan menawarkan opsi untuk membagi rata ketiganya secara otomatis. Anda bisa mengatur salah satu aplikasi untuk mengambil setengah layar, sementara sisanya untuk dua aplikasi lainnya.

Fitur Teams

Selain yang telah disebutkan di atas, Microsoft juga memperbaiki fitur Teams. Anda kini bisa mencoba fitur ini di versi yang sudah diperbarui.

Meskipun tidak terlalu banyak perbaikan yang dilakukan oleh pihak Microsoft. Namun, Teams menjadi lebih mumpuni untuk komunikasi kerja berkat proses integrasi dalam aplikasi.

Bagi Anda yang belum tahu apa itu fitur Teams, silahkan cari ikon aplikasi tersebut di taskbar. Anda bisa menggunakannya secara langsung untuk melakukan panggilan dengan sesama pengguna lainnya.

Selain itu, aplikasi Teams ini dapat digunakan untuk mengirim pesan. Sehingga Anda akan lebih mudah berkomunikasi dengan rekan kerja layaknya menggunakan messenger.

✔️  Cara Mengganti Bahasa Di HP Xiaomi

Syarat untuk Bisa Download Windows 11

Anda mungkin tidak akan bisa menggunakannya sebelum memenuhi persyaratan download Windows 11. Ada sejumlah persyaratan yang harus pengguna miliki sebelum menikmati Windows versi terbaru.

Mengapa Anda harus memenuhi persyaratan tersebut? Tentunya ini berkaitan dengan performa sistem operasi nantinya. Dengan demikian device Anda tidak akan mengalami kelambatan hingga error saat mengunduh.

download Windows 11

Adapun syarat yang harus dimiliki pengguna untuk download Windows 11 yakni sebagai berikut.

  1. Perangkat minimal harus dengan prosesor 1 GHz. Akan lebih cepat apabila prosesor 2 GHz atau lebih. Memiliki sistem 64-bit yang kompatibel pada satu chip SoC.
  2. RAM perangkat Anda minimal 4 GB.
  3. Selain itu mempunyai kapasitas penyimpanan 64 GB atau yang lebih besar untuk bisa memasang Windows 11.
  4. Anda mungkin memerlukan ruang penyimpanan eksternal untuk download pembaruan atau mengaktifkan fitur tertentu.
  5. Selain penyimpanan, kartu grafis juga harus kompatibel dengan DirectX 12 atau versi dengan versi terbaru. Driver perangkat WDDM 2.0.
  6. Sistem Firmware yakni UEFI, sehingga Boot aman.
  7. Syarat berikutnya yakni TPM. Patikan Trusted Platform Module perangkat Anda adalah versi 2.0.
  8. Untuk download Windows 11, setidaknya perangkat Anda sebelumnya menjalankan Windows 10. Pastikan sistem operasi yang digunakan sebelumnya sudah versi 2004 atau yang terbaru.

Langkah Mudah Download Windows 11

Terdapat dua cara yang bisa Anda gunakan untuk download Windows 11. Pengguna bisa langsung melakukan pembaruan jika sudah tersedia di perangkat.

Jika belum tersedia, Anda bisa menggunakan cara kedua, yakni dengan mengunjungi situs resmi dari Microsoft. Nah, ikuti langkah mudah mengunduh Windows 11 di bawah ini.

Unduh Windows 11 dari Device

Cara yang pertama yakni unduh sistem operasi melalui device Anda. Berikut cara download Windows 11 yang sudah tersedia di dalam device.

  1. Pertama, pilih Start yang tersedia pada sudut kiri layar, kemudian pergi ke menu Setting.
  2. Pilih Update and Security yang ada di kolom Setting dan tekan Windows update. Anda akan disuguhkan opsi untuk download Windows 11 dan update.
  3. Klik tombol Download & Install agar proses pengunduhan software bisa langsung diproses.
  4. Terakhir, layar akan menunjukkan License terms, baca persyaratan sebelum tekan tombol Accept and Install.
✔️  Inilah 3 Cara Instal CWM di Android Anti Ribet!

Download Windows 11 melalui Situs Resmi Microsoft

Tidak semua device mendapatkan notifikasi pembaruan sistem operasi. Apabila Anda tidak bisa menemukannya di dalam device, bisa langsung mengunjungi situs resmi untuk mendownload.

Cara download Windows 11 ini juga sederhana untuk dilakukan. Simak cara untuk mengunduh Windows terbaru di bawah ini.

  1. Pertama-tama, buka Browser dan masuk ke situs resmi dari Microsoft.
  2. Pada halaman utama tersebut Anda akan melihat berbagai pilihan download. Klik opsi Windows 11 Installation Assistant, 
  3. Jikas sudah, berikutnya pencet tombol download untuk unduh software.
  4. Ikuti petunjuk pada layar untuk memulai proses pemasangan Windows 11.

Demikian ulasan tentang cara mudah download Windows 11 melalui situs Microsoft maupun device. Kedua cara di atas relatif sederhana untuk Anda dipraktekkan secara mandiri tanpa bantuan teknisi. Pastikan perangkat yang digunakan sudah memenuhi syarat untuk memulai proses instalasi Windows 11.

Leave a Comment