14 Cara Membuat Tos di Blog yang Mudah

Cara membuat TOS di Blog sebenarnya tidak sulit. Term of Service sendiri atau TOS merupakan salah satu aturan yang diberlakukan oleh perusahaan yang berhubungan dengan penggunaan layanan.

Jadi, saat Anda ingin menggunakan layanan dari sebuah perusahaan, maka wajib mematuhi semua aturan yang berlaku. Biasanya, Term of Service akan tampil saat para Blogger masuk ke dalam bisnis online.

Cara Membuat TOS di Blog yang Mudah

Kegunaan Term of Service di blog sebenarnya untuk menunjukkan syarat apa saja yang harus dipatuhi oleh pengunjung Blog. Halaman ini memang cukup membantu blogger untuk mendaftarkan Adsense.

Jadi Anda bisa mengartikan TOS sebagai bentuk perjanjian tertulis yang berisi persyaratan dari pemilik Blog untuk pengunjung. Hal ini bertujuan agar tidak ada tindakan yang salah saat penggunaan blog.

Ada dua cara yang bisa digunakan untuk menuliskan TOS yaitu memakai generator dan cara manual. Agar lebih praktis, berikut ini sudah ada cara membuat TOS di Blog menggunakan generator.

  1. Kunjungi Situs Generator

Langkah pertama, Anda harus login situs pihak ketiga yaitu generator. Situs ini bisa Anda akses secara gratis. Jadi tidak perlu membayar biaya apapun, meski Anda harus menggunakan bantuan pihak ketiga.

Pihak ketiga ini biasanya dikenal sebagai privasi polisi generator. Hal ini karena alamat situs yang digunakan adalah privacypolicyonline.com.

Jadi Anda hanya perlu menyambungkan perangkat internet, tidak perlu menyiapkan uang lagi. Kemudian, Anda bisa pilih menu Free Generator dan klik pada Terms & Conditions Generator.

Apabila Anda tidak menemukan menunya, periksa jaringan internet. Biasanya, jaringan internet yang lambat akan berpengaruh terhadap tampilan situs. Oleh karena itu, terkadang perlu beberapa waktu agar semua tampilan muncul.

  1. Isi Informasi

Setelah mengikuti semua cara membuat TOS di Blog di atas, maka akan muncul kolom yang harus Anda isi dengan informasi pribadi. Selanjutnya, Anda harus melengkapi informasi tersebut pada kolom yang telah tersedia.

  1. Perhatikan Your Site Title
✔️  Tips Memaksimalkan Penyimpanan Gratis di Google Photos

Langkah selanjutnya, perhatikan Your Site Title yang akan diisi dengan nama Blog Sendiri. Anda harus memastikan tidak ada karakter atau huruf yang terlewatkan saat mengisinya.

  1. Isi Your Site URL

Berikutnya, Anda juga harus mengisi bagian Your Site URL. Apabila yang sebelumnya mengisi nama, sekarang isi URL Blog sendiri.

  1. Lengkapi Contact Link

Cara membuat TOS di Blog selanjutnya, Anda harus mengisi informasi pada bagian Contact Link. Kolom ini harus diisi URL halaman Contact Us, jadi jangan sampai salah memasukkan URLnya.

Namun, jika Anda belum sempat membuat halaman kontak yang sebelumnya, maka wajib membuatnya dulu. Anda bisa mencari tahu tutorialnya, jika belum ada halaman Contact Us di blog.

Jadi buat dulu halaman Contact Us, agar bisa melanjutkan proses pembuatan Term of Service tersebut. Memang semua langkah yang ada di dalam artikel ini wajib Anda ikuti agar TOS bisa muncul di blog.

  1. Lengkapi Email Address

Cara membuat TOS di Blog selanjutnya adalah menyematkan email. Anda tidak boleh melupakan email saat ingin mengelola blog.

Hal ini karena email yang akan memverifikasi akun blog Anda. Jadi pada bagian ini Anda harus memasukan informasi email yang aktif agar tidak ketinggalan informasi.

Oleh karena itu, Anda juga perlu mencatat email dan password yang digunakan dalam blog. Hal ini dilakukan agar tidak lupa, karena sampai saat ini masih banyak orang lupa dengan email yang digunakan saat mendaftar blog.

  1. Lengkapi Company Name dan Mailing Address

Cara membuat TOS di Blog berikutnya, Anda juga harus mengisi kolom Company name dan mailing Address dengan benar. Namun, jika Anda ingin mengosongkan bagian ini tidak masalah.

Hal ini karena informasi pada bagian Company Name and Mailing Address tidak terlalu penting. Jadi bila Anda tidak ingin mengisinya tidak masalah.

  1. Klik Generate HTML

Lalu lanjutkan langkah ini hanya dengan mengklik bagian Generate HTML di situs privacy policy online. Pada menu ini biasanya akan muncul kode HTML.

✔️  Trik Jitu Mengatasi Mode Gelap yang Bermasalah di Android

Isi Kode HTML ini harus berisi naskah Term of Service. Cara membuat TOS di Blog ini, memang lebih praktis. Jadi Anda tidak perlu lagi mengetik naskahnya secara manual, apalagi jika Anda ingin menggunakan Bahasa Inggris.

Biasanya, jika Anda mengetik manual maka berisiko salah ketik. Jadi sebaiknya pilih cara yang gratis dan praktis, hanya dengan memanfaatkan generator ini.

Lanjutkan dengan mengcopy seluruh kodenya, setelah Anda berhasil klik Generate HTML. Nantinya, akan muncul kode HTML, apabila sudah baru bisa melanjutkan ke cara berikutnya.

  1. Masuk ke Blog

Sebetulnya, cara membuat TOS di Blog ini juga bisa menggunakan Paste kode HTML tadi. Namun, Anda harus bisa langsung mengakses Blog dulu.

  1. Login ke Blogspot

Pertama, Anda harus bisa masuk ke Blogspot terlebih dahulu. Tidak lupa memasukkan kata sandi. Apabila sudah selesai, bisa lanjut ke langkah berikutnya.

  1. Menu Laman

Apabila Anda sudah terbiasa mengoperasikan Blogspot, pasti sudah hafal dengan semua menunya. Setelah itu, Anda bisa memilih menu Laman Blogspot. Klik langsung saja, bila sudah menemukannya.

  1. Laman Baru

Cara membuat TOS di Blog berikutnya, Anda bisa menemukan menu Laman Baru. Lalu Anda juga harus memastikan untuk memperhatikan kualitas dari jaringan internet. Lihat dulu sinyalnya, jangan sampai hilang saat proses ini berlangsung.

  1. Paste HTML dan Memberi Judul

Jadi saat Anda mengklik Laman Baru, maka akan muncul pilihan berupa HTML dan Compose. Lalu pilih saja pada bagian HTML dan paste semua kode HTML yang sudah dicopy.

Kemudian, bisa lanjutkan memberi judul, bila sudah Paste kodenya. Judul ini wajib dicantumkan agar pembaca atau pengunjung bisa mengenali Term of Service lebih mudah.

Jadi cara membuat TOS di Blog ini jangan sampai Anda melewatkan pemberian judul ini. Hal ini karena fungsinya sangat penting, bahkan sama pentingnya saat menampilkan naskah TOS.

  1. Publikasikan
✔️  Cara Membuat Akun Gmail Terbaru Tanpa Harus Verifikasi

Langkah terakhir membuat TOS, yakni mengklik Publikasikan. Anda harus memastikan semuanya sudah sesuai, misalnya saja judul harus benar dan kode HTML lengkap.

Jika Anda sudah membaca seluruh langkah yang ada di atas, diharapkan bisa menambah wawasan. Namun, pasti Anda juga memiliki pertanyaan apakah TOS ini harus dibuat?

Apalagi saat ini disclaimer dan halaman privasi dan disclaimer sudah membatasi pengunjung yang melakukan penyalahgunaan. Namun, jika Anda menambahkan TOS di blog akan lebih lengkap.

Bahkan, Anda tidak perlu lagi membayar biaya sama sekali, karena lebih praktis dan lengkap. Jadi Anda tidak harus menggunakan Bahasa Inggris, meskipun tersedia privacy policy generator Indonesia.

Jadi cara membuat TOS di Blog selanjutnya Anda bisa mengubahnya dalam Bahasa Indonesia. Hal ini karena kode HTML yang di Paste menggunakan Bahasa Inggris. Namun, jika Anda ingin menerjemahkan naskah Term of Service tidak perlu manual lagi.

Hal ini karena zaman sekarang Anda sudah menggunakan berbagai macam fasilitas di internet yang ditawarkan secara gratis. Contohnya saja, seperti Google Translate.

Anda bisa menerjemahkannya menggunakan Google Translate, jika ingin menampilkan TOS dalam Bahasa Indonesia. Setelah itu, Anda bisa mengklik Google Translate di kotak pencarian Google.

TOS memang berguna untuk mencegah adanya kerugian dari pengunjung maupun pemilik Blog. Jadi penting sekali, membuat cara membuat TOS di Blog agar lebih mudah.

 

Leave a Comment